Polusi, asap kendaraan, sampai asap rokok telah menodai paru-paru selama ini. Udara yang tercemar telah merusak sistem pernapasan dan menyebabkan berbagai masalah mulai dari asma hingga kanker paru-paru. Nah, untuk menghindari terkena beberapa masalah kesehatan, ada beberapa masalah yang bisa dilakukan untuk menjaga dan memurnikan paru-paru. Tidak perlu rumit, cara alami berikut ini bisa membersihkan paru-paru dari berbagai polusi yang mengintai.

Cara membersihkan paru-paru dari polusi


Kesehatan paru adalah salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan dalam hidup kita. Meskipun organ-organ tubuh memiliki sistem untuk membersihkan diri, tidak ada salahnya untuk membantu organ paru-paru untuk membersihkan dengan cepat.

 

1. Gunakan pembersih udara
pelembab
Alat pembersih udara ini memang dirancang agar Anda bisa membersihkan udara di kamar kami. Coba gunakan pembersih udara untuk meningkatkan kualitas udara di rumah. Metode ini merupakan awal yang baik untuk membersihkan paru-paru kita.

2. Bersihkan ventilasi udara

Setelah menggunakan pemurni air di rumah, langkah selanjutnya adalah membersihkan ventilasi rumah kita. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, di dapur harus bebas dari debu dan kuman.

Bakteri yang terakumulasi dalam ventilasi dapat menembus jika tidak diganti selama bertahun-tahun. Coba ganti setiap 6 bulan sekali sehingga kualitas udara di rumah lebih terjamin.

3. Makan makanan sehat

Salah satu cara membersihkan paru-paru kita adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan juga memengaruhi kesehatan paru-paru kita. Karena itu, memulai diet sehat sebagai awal yang baik untuk kesehatan.

Mulailah hari dengan segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses pembersihan paru-paru akan lebih cair.
Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C, seperti anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
Jangan lupa memasukkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Misalnya bawang putih, apel, teh hijau atau jahe.
4. Melakukan kegiatan di luar ruangan
efektif membakar lemak saat jogging
Jika kita menerima udara segar di pagi hari, jaringan di paru-paru kita dapat berkembang dan berfungsi lebih baik. Coba periksa tingkat polusi di daerah Anda.

Hindari berolahraga di luar saat kualitas polusi tinggi. Selain itu, jauhkan dari asap rokok atau sampah yang Anda bakar harus dipertimbangkan saat berlatih di luar ruangan.

5. Periksa batuk
pantang saat batuk
Batuk adalah salah satu cara paling alami untuk membersihkan paru-paru. Namun, jika kita lebih bisa mengatur batuk kita, lendir di paru-paru kita akan terangkat dan akan masuk melalui saluran udara. Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan paru-paru dari lendir.

Duduk tegak dan letakkan kaki Anda di lantai.
Tekuk lengan Anda di atas perut
Bernapas perlahan melalui hidung
Buang napas perlahan, condong ke depan
Usahakan batuk 2-3 kali saat mengeluarkan napas dengan mulut sedikit terbuka.
Ambil napas lagi
Beristirahat dan ulangi jika perlu.

Baca juga :