5 Kelebihan Merk Ban Michelin yang Harus Kamu Ketahui

5 Kelebihan Merk Ban Michelin yang Harus Kamu Ketahui

5 Kelebihan Merk Ban Michelin yang Harus Kamu Ketahui
5 Kelebihan Merk Ban Michelin yang Harus Kamu Ketahui

 

Kerap kali kita meremehkan kualitas sebuah ban yang terpasang di kendaraan kita. Padahal, jenis ban yang kamu gunakan sangatlah berpengaruh terhadap performa di atas aspal.

Berbagai variabel, seperti daya cengkeram, bahan dasar ban, ketahanan ban tersebut, lebar dan ukuran ban, dan sebagainya, sangat menentukan kualitas berkendara kamu. Banyak orang menggunakan Michelin. Mau tahu kenapa? Simak artikel berikut ini.

1. Teknologi Daya Cengkeram yang Lengket di Jalan

Daya cengkeram atau grip dari sebuah ban merupakan elemen yang vital bagi keselamatan pengendara. Tanpa daya cengkeram yang kuat, pengendara dan kendaraannya akan mudah terpeleset atau slip dalam keadaan jalanan licin. Biasanya keadaan ini terjadi dalam kondisi hujan, salju, atau jalanan basah/becek.

Ban yang diciptakan oleh Michelin memiliki teknologi khusus yang memastikan daya cengkram yang besar bagi keselamatan berkendara. Daya cengkram yang dimaksud disini adalah teknologi termutakhir yang meningkatkan daya cengkram ban terutama pada saat hujan.

Fitur ini tercipta berkat celah-celah dan pola yang dibuat pada ban-ban Michelin , serta sistem penadahan air yang meningkatkan kapasitas sebuah ban untuk menepis air. Fitur ini disebut dengan Michelin X-Sipe Technology.

Selain itu, Michelin juga menciptakan teknologi khusus untuk ban sepeda yang disebut dengan Michelin Progressive Sipe Technology (PST) yang menggunakan celah ban yang saling menyilang guna meningkatkan daya cengkeram.

Tanpa mengesampingkan daya cengkeram, Michelin juga memikirkan bagaimana sebuah ban bertahan melawan temperatur rendah, namun juga tetap memiliki daya cengkeram yang tinggi. Maka dari itu, lahirlah teknologi Michelin Silica Rain Technology, yang meningkatkan daya cengkram ban dalam kondisi cuaca dingin dan basah, tanpa menanggalkan umur karet ban.

Baca Juga : Buka Hari Ini dengan Mengenal Ban Tubeless untuk Kendaraan Bermotor

2. Daya Tahan Ban Melawan Alam

Selain teknologi daya cengkeram yang mutakhir, Michelin juga dikenal dengan produknya yang sangat awet. Tentunya setelah merogoh kocek untuk kualitas sebuah ban, kamu tidak hanya mengharapkan sebuah performa, tapi juga awet atau tidaknya produk yang kamu beli.

Demi kepuasan pelanggan, Michelin menciptakan sebuah teknologi yang mereka sebut Michelin 2 Compound Technology. Teknologi ini adalah hasil dari riset bertahun-tahun yang sukses menyatukan 2 konsep yang berlawanan, yakni menipisnya ban bagian tengah seiring waktu penggunaan, dan kurangnya daya cengkeram di pinggir ban.

Dengan teknologi tersebut, Michelin berhasil menciptakan ban-ban berkualitas yang kuat di bagian tengah, namun juga memiliki daya cengkram yang seimbang di sisi pinggir ban. Menakjubkan bukan?

3. Kestabilan dalam Melaju di Jalanan

Bagi pengendara yang senang melaju kencang di jalanan, tentunya kestabilan sebuah ban adalah hal yang vital. Kerap kita lihat di televisi motor-motor balap yang melaju di tikungan dalam posisi miring. Dalam situasi tersebut, daya cengkeram dan kestabilan sebuah ban menjadi kunci kesuksesan laju motor tersebut.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Michelin menciptakan teknologi adaptive casing (ACT), yakni sebuah teknologi yang memastikan sebuah ban dapat tetap mencengkram dalam sudut kemiringan apapun.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, Ini 5 Efek Ban Kendaraan Kurang Angin

4. Warm-Up Super Cepat

Untuk melaju super cepat dengan kecepatan dan kondisi yang optimal, beberapa ban harus disesuaikan dulu temperaturnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pemuaian dan elastisitas ban bisa berjalan dengan maksimal. Waktu yang dibutuhkan untuk pemanasan ban ini tentunya berbeda-beda antar jenis ban tergantung kualitasnya.

Nah, disinilah Michelin memiliki keunggulan. Dengan teknologinya yang disebut Synthetic Component Technology (SCT), ban buatan Michelin mampu mencapai suhu optimal dengan waktu yang sangat singkat. Saking singkatnya, Kamu sudah bisa melaju miring di tikungan pertama dengan kecepatan penuh tanpa rasa khawatir sama sekali.

Baca Juga : 3 Tips Pilihan untuk Menjaga Ban Kendaraan dengan Tepat

5. Anti Bocor dari Tusukan Benda Tajam

Di balik nama besar Michelin, tentunya didukung dengan kualitas produk yang tidak hanya isapan jempol saja. Teknologi Michelin yang disebut Michelin Overlap Technology (MOT) memastikan bahwa ban Michelin tidak akan semudah itu rusak karena tusukan paku atau benda tajam lainnya. Hal ini disebabkan oleh lapisan tenunan karet ban Michelin yang tebal dan canggih.

Itulah dia 5 kelebihan ban Michelin dibandingkan dengan ban merk lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera beralih ke ban Michelin!

 

Baca Juga : https://merkterbaik.com/