Apa identitas bangsa yang dibangun dalam pendidikan di Indonesia

Apa identitas bangsa yang dibangun dalam pendidikan di Indonesia

identitas bangsa

 Identitas bangsa adalah memiliki ciri khas,

keunikan dan sifat-sifat yang berbeda dengan bangsa lain. Dengan demikian identitas nasional merupakan jati diri bangsa atau kepribadian suatu bangsa.

 

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

maka lahirnya era globalisasi. Sebuah era tanpa batas antara Negara satu dengan Negara lainnya didunia. Baik tanpa batas dalam bidang ekonomi, perdagangan, social, politik hingga pendidikan. Bangsa yang tidak kokoh dalam memperkuat jati dirinya maka bangsa tersebut akan terseret dalam pusaran globalisasi yang liar. Berbagai produk ajaran, faham dan lainnya datang ke Negara Indonesia maka akan menimbulkan masalah baru. Tidak sedikit generasi penerus yang semakin sulit membedakan mana warisan leluhur bangsa dan mana budaya import.

 

Identitas manusia yang dibangun dalam pendidikan :

Kebudayaan, walaupun mereka berbeda daerah dan kebudayaan tetapi mereka tetap satu dan kompak untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada, bahkan mencipatakan kebudayaan yang baru tanpa menghilangkan kebudayaan yang lama.

 

Karakter, adalah nilai-nilai yang menjadi ciri khas tiap individu dan diaplikasikan dalam nilai-nilai kebaikan yang tercermin baik dalam bentuk tindakan maupun tingkah laku. Karakter merupakan cirri khas seseorang atau sekelompok orang yang mengandung nilai, kemampuan, kapasitas moral, dan ketegaran dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

 

Cinta tanah air, dengan pendidikan siswa diajari sejak dini untuk mencintai negara sendiri melalui pelajaran kewarganegaraan agar mengetahui sejarah negaranya sendiri dan dapat menghormati negaranya sendiri.
Peduli sosial sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/