Apa sih Eksfoliasi itu?

Apa sih Eksfoliasi itu?

Dalam tulisan-tulisan mula-mula saya menganjurkan eksfoliasi (scrubbing) sebagai unsur dari perawatan keelokan rutin seminggu sekali yang jangan ditinggalkan. Gunanya menolong sel kulit mati terangkat sempurna dan memberi ruang pada sel kulit baru.

Apa sih Gunanya Eksfoliasi?
Eksfoliasi ialah cara yang dilaksanakan dari luar guna mengusung sel- sel kulit mati dari permukaan kulit wajah (lapisan epidermis). Efek dari eksfoliasi antara beda :
1/ Membuang kulit mati yang menjadikan lapisan makeup tampak retak-retak
2/ Memperbaiki tekstur dan meratakan warna kulit
3/ Meningkatkan atau mempercepat regenerasi sel kulit
4/ Meningkatkan keterampilan penyerapan sempurna dari produk skin care yang dipakai
5/ Meningkatkan keterampilan kulit anda untuk mengawal kelembapan/ menyangga air.

Bagaimana Cara Melakukan Eksfoliasi?
Eksfoliasi dilaksanakan menggunakan produk yang biasa dinamakan scrub (berbentuk pasta berbutiran kasar) yang diaplikasikan dengan pijatan jemari di semua permukaan wajah dengan gerakan memutar.

Secara umum scrub berisi zat laksana polyethylene, alumunium oxide, sodium tetraborate decahydrate granules dan deterjen atau sabun untuk mencuci sel-sel kulit mati di wajah yang menjadi penyebab kulit kelihatan wajah kusam dan kasar.

Saya menganjurkan memilih scrub lembut dan cocok dengan jenis kulit. Dengan demikian ‘pembersihan’ kulit ini tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Saat kesatu scrub diaplikasikan dengan pijatan gerakan memutar, urusan tersebut akan mengikis permukaan kulit dan menjadikan lapisan atas kulit anda terasa tidak banyak hangat dan memera. Hal tersebut ialah normal. Tapi sangat dianjurkan tidak mengerjakan scrubbing terlampau keras

Scrub guna kulit berminyak seringkali diformulasikan dalam format deterjen atau sabun sementara untuk kulit kering seringkali diformulaskan dalam format cream base dengan peningkatan minyak. Lakukan gerakan memutar selama 1-2 menit dan basuhlah wajah dengan air hangat. Hindari scrubbing andai di wajah ada broken veins/urat-urat merah tua dan biru .

Setelah dicuci bersih dengan air hangat, beri toner penyegar untuk membalikkan kelembapan kulit dan keseimbangannya. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali atau cocok rekomendasi dokter Anda.


Baca Juga: