Apa Teknologi Informasi dalam Pemasaran

Apa Teknologi Informasi dalam Pemasaran

Apa Teknologi Informasi dalam Pemasaran

Menurut Kotler (2003, pp2-4)

revolusi digital telah menempatkan sekumpulan kemampuan baru kepada konsumen dan bisnis. Beberapa hal yang dimiliki konsumen dewasa ini yang tidak dimiliki dahulu:
• Peningkatan dalam daya beli yang signifikan. Pembeli dapat dengan mudah membandingkan harga dan atribut produk pesaing dan memperoleh jawaban hanya dalam hitungan detik.
• Ketersediaan akan barang dan layanan yang lebih variatif. Sekarang orang dapat memesan hampir apa saja dari Internet dan memesan dari mana saja.
• Ketersediaan sejumlah besar informasi mengenai hampir segala hal. Orang dapat membaca hampir semua surat kabar dalam bahasa apapun dan dari mana saja.
• Kemudahan dalam berinteraksi serta menempatkan dan menerima pesan dari rumah, kantor, atau telepon seluler 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan pesan tersebut akan dikirimkan ke rumah atau kantor mereka dengan cepat.
• Kemampuan membandingkan catatan tentang produk dan jasa layanan.
Sekarang pembeli dapat masuk ke dalam chat room dengan kepentingan yang sama dan bertukar informasi dan opini.
Teknologi Informasi dalam era digital juga telah memberikan perusahaan kemampuan:
• Menjalankan saluran informasi dan penjualan baru yang kuat dengan jangkauan geografis yang meluas untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk.
• Mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan penuh tentang pasar, pelanggan, prospek, dan pesaing, serta dapat melakukan riset pemasaran terbaru dengan menggunakan Internet.
• Memfasilitasi dan mempercepat komunikasi internal di antara para karyawan.
• Berkomunikasi secara dua arah dengan pelanggan dan prospek, dan bertransaksi secara lebih efisien. Internet memudahkan setiap individu untuk mengirimkan pesan email kepada perusahaan dan menerima balasan, dan banyak perusahaan sekarang mengembangkan ekstranet dengan pemasok dan distributor untuk mengirim dan menerima informasi, menempatkan pesanan, dan melakukan pembayaran secara lebih efisien.
• Mengirimkan iklan, kupon, sampel, dan informasi kepada pelanggan yang telah memintanya atau yang telah mengijinkan perusahaan untuk mengirimkan mereka hal-hal tersebut.
• Membuat penawaran dan layanan untuk pelanggan secara indiviual melalui informasi tentang kunjungan pelanggan yang terkumpul dan disimpan dalam basis data perusahaan.
• Memperbaiki proses pembelian, penerimaan karyawan, pelatihan, serta komunikasi internal dan eksternal.

• Meningkatkan efisiensi proses logistik dan operasional sekaligus meningkatkan akurasi dan kualitas layanan.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/