ATASI MASALAH TIDUR BALITA

ATASI MASALAH TIDUR BALITA

Si Kecil tak pun mau istirahat siang atau terbangun menyuruh bermain tengah malam? Jangan resah, situasi ini memang biasanya terjadi pada balita. Tak usah bingung, Bu. Mari pelajari hal penyebab dan teknik mengatasinya

Apa Penyebabnya?
Tak terdapat teori tentu tentang penyebab susah tidur pada balita. Seringkali, masalah ini sebetulnya dapat Ibu atasi dengan tidak banyak merubah kelaziman atau kegiatan harian, supaya mereka dapat istirahat lebih nyenyak di malam hari. Berdasarkan pemantauan sejumlah ahli, sejumlah faktor yang kerap memunculkan masalah istirahat pada balita ialah :

Pola Makan

Balita yang tidak biasa santap teratur dan ingin diberi santap saat ia minta, ingin mudah lapar. Perutnya takkan tahan dalam suasana kosong guna jangka masa-masa lama seperti ketika tidur malam hari. Solusinya ialah menerapkan pola santap teratur (3 x makan, 2 x snack) yang akan menciptakan si Kecil mengkonsumsi lebih tidak sedikit makanan pada jam-jam aktifnya. Sehingga, perutnya sudah terisi dengan baik ketika ia istirahat di malam hari.

Kelelahan

Balita yang keletihan malah mempunyai resiko sulit istirahat nyenyak lho, Bu. Jadi, upayakan membuat rutinitas istirahat dan tidur siang untuk si Kecil. Sehingga tubuhnya terhindar dari kelelahan. Saat malam hari, biasakan guna meredupkan lampu saat menginjak waktu tidurnya. Lampu temaram pun akan menciptakan si Kecil istirahat lebih nyenyak.

Stimulasi Berlebihan

Mengajaknya bermain atau memberinya stimulasi guna aktif bergerak memang baik guna pertumbuhannya. Tapi, usahakanlah membuat si Kecil lebih rileks menjelang masa-masa tidurnya di malam hari. Bacakan kitab cerita atau putarkan musik pendahuluan tidur bakal jadi penyelesaian efektif untuk menciptakan otak dan tubuh si Kecil lebih santai, sampai akhirnya tertidur pulas.

Si Kecil Merasa Kurang Nyaman

Saat merasa tidak cukup nyaman, siapa juga akan ingin sulit istirahat nyenyak. Coba cari tahu, apa barangkali si Kecil kedinginan, kepanasan, atau baju istirahat yang dikenakannya tidak cukup nyaman

Bagaimana Cara Memperkenalkan Rutinitas Tidur pada si Kecil ?

Balita Ibu bakal lebih rileks dan gampang untuk tidur andai terbiasa dengan rutinitas jam tidur. Salah satunya dengan membuat waktu bersantai selama 15-20 menit sebelum masa-masa tidurnya. Ibu pun dapat memanfaatkan masa-masa bersantai ini guna membacakannya cerita, memandikan air hangat sebelum tidur, atau sebatas memeluknya seraya mengobrol. Cara ini bakal efektif menciptakan si kecil lebih rileks sebelum tidur.

Ciptakan pun suasana yang menciptakan istirahat si Kecil menjadi nyaman. Kenakan piyama berbahan katun lembut yang nyaman, dan jaga suhu ruangan supaya tak terlampau dingin atau panas. Matikan TV dan nyalakan lampu redup, supaya si Kecil paham perbedaan antara siang dan malam hari.

Sumber : http://www.tukaerusite.com/e/www.pelajaran.co.id/