Biografi Cornelia Agatha

Biografi Cornelia Agatha

Cornelia Agatha atau biasa disapa Lia bermunculan di Jakarta, 11 Januari 1973. Namanya mulai populer di panggung hiburan Indonesia saat memerankan karakter gadis kaya mempunyai nama Sarah dalam serial TV Sis Doel Anak Sekolahan. Lia memulai kariernya dari dunia modeling lewat ajang cover girl dan menjadi model dari sebanyak produk.

Tak melulu puas berkecimpung di dunia modeling, Lia juga mulai merambah dunia seni peran. Karier filmnya dibuka pada tahun 1992 dengan memerankan film remaja berjudul Lupus. Menyusul lantas film Elegi Buat Nana, Rini Tomboy, Detik Terakhir, Jatuh Cinta Lagi, Janji Matahari dan yang teranyar Si Doel The Movie.

Beberapa penghargaan sudah diperolehnya ketika berkarier di dunia hiburan Indonesia. Beberapa penghargaan itu di antaranya ialah aktris terpuji Forum Film Bandung (FFB) 2002 dalam perannya di sinetron Perempuan Pilihan. Penghargaan nominasi aktris terbaik pun pernah didapatnya dalam ajang FFI 2002 “Rini Tomboy”, FFI 2005 “Detik Terakhir” dan Piala Vidia 2004.

Cornelia Agatha mengawali kehidupan lokasi tinggal tangganya dengan menikahi Sonny M. Lawlani pada 18 Maret 2006 di Hongkong. Dari pernikahannya ini, Lia dikaruniai dua orang anak yang bermunculan pada 7 Desember 2006. Kedua anak itu diberi nama Makayla Athaya Lawlani dan Tristan Athala Lawlani. Namun, paling disayangkan sebab Lia menggugat cerai suaminya pada November 2012. Sumber : infobiografi.com/