Cara Check In Online Air Asia Melalui Web, Aplikasi dan Mesin

Cara Check In Online Air Asia Melalui Web, Aplikasi dan Mesin

 

Cara Check In Online Air Asia Melalui Web, Aplikasi dan Mesin
Cara Check In Online Air Asia Melalui Web, Aplikasi dan Mesin

Saat ini, melakukan Check-In maskapai tak harus melalui konter di bandara. Sejumlah maskapai kini telah menerapkan fasilitas Web Check-In untuk mempermudah calon penumpangnya.

Salah satu maskapai yang juga menerapkan fasilitas Web Check-In ini adalah Air Asia. Web Check-in dan Mobile Check-In dibuka mulai pembelian hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Web Check-In dan Mobile Check-In hanya diperbolehkan untuk tiket dengan status Confirmed / Terbayar Penuh / Tidak ada tunggakan pembayaran.

Untuk proses validasi, Web Check-In dan Mobile Check-In memerlukan Kode Booking (6 digit) dan Nama terakhir penumpang. Silahkan periksa kembali nama penumpang yang tertulis di tiket Anda.

Berikut adalah beberapa metode self check-in untuk maskapai Air Asia.

Web

Check-in online dari AirAsia.com untuk mencetak boarding pass Anda. Berikut adala caranya:

– Masuk ke halaman web check-in di situs resmi www.checkin.airasia.com

– Masukkan data penerbangan yang terdiri dari kota keberangkatan (Departure), nomor reservasi (Booking Number) dan nama belakang calon penumpang (Family Name/Surname). Setelah seluruh data terisi, klik “Check-in”.

– Di Layar akan muncul lima halaman, yaitu halaman pertama adalah “Flights & Guest(s)” yang memuat detail informasi penerbangan, mencakup kota berangkat, kota tujuan, dan waktu keberangkatan. Centang nama calon penumpang yang tertulis di bagian bawah, lalu klik “Continue”.

– Halaman selanjutnya, yakni halaman “Add-ons”, berisi informasi mengenai nomor tempat duduk, keterangan bagasi, serta tambahan kebutuhan lainnya. Sistem akan menentukan nomor tempat duduk secara acak. Jika ingin mengubah tempat duduk yang sudah diberikan, Anda bisa memilih opsi “Change” pada kolom “Seat Number”. Perubahan tempat duduk akan dikenakan biaya tambahan.

– Di halaman “Add-ons” juga tertera penawaran asuransi barang bawaan dengan biaya Rp19.000. Penawaran ini bersifat opsional. Centang kotak pilihan jika Anda ingin menggunakan layanan asuransi. Jika tidak, klik “Continue” untuk berlanjut ke halaman berikutnya.

– Halaman ketiga yang akan muncul adalah halaman “Confirmation”. Pada halaman ini, Anda harus mencantumkan

alamat email untuk pengiriman boarding pass, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah data terisi, klik “Continue”.

– Halaman selanjutnya, “Important Notice”, berisi daftar peraturan terbang dengan layanan maskapai AirAsia. Cermati peraturan yang diberikan, lalu klik “Continue” untuk beralih ke halaman yang memuat boarding pass Anda.

– Boarding pass yang muncul di halaman terakhir harus dicetak untuk diperlihatkan pada petugas di bandara.

AirAsia Mobile App

Check-in menggunakan AirAsia Mobile App untuk menerima sebuah barcode yang dapat digunakan untuk mencetak ulang boarding pass Anda di bandara. Anda akan menerima e-boarding pass jika Anda berhak.

Sejak 2015, aplikasi AirAsia sudah dapat digunakan untuk proses check-in. Fitur check-in dan e-boarding pass pada

aplikasi ini baru diberlakukan untuk penerbangan domestik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk melakukan check-in melalui aplikasi AirAsia, Anda hanya perlu memasukkan data penerbangan dan kode booking.

Setelah proses selesai, Anda akan menerima e-boarding pass yang harus ditunjukkan di boarding gate bandara. Petugas akan melakukan verifikasi identitas dan memindai barcode pada e-boarding pass Anda. E-boarding pass juga harus ditunjukkan pada petugas kabin sebelum Anda masuk ke pesawat.

Kios check-in bandara

Kios check-in terdapat di hampir semua bandara di Malaysia, Indonesia, Thailand, India, Filipina dan Singapura. Anda juga bisa mencetak boarding pass dan label bagasi Anda di kios.

Pastikan Anda memiliki nomor pembelian dengan 6-karakter sebelum melakukan check-in mandiri. Nomor pembelian Anda bisa ditemukan di dalam jadwal perjalanan Anda. Berikut adalah caranya:

– Pilih opsi check-in.

– Masukkan enam digit nomor booking atau pindai barcode yang tertera pada tiket elektronik.
– Tunggu hingga layar menampilkan nama calon penumpang.
– Pastikan informasi yang tertera di layar sudah benar. Setelah itu, centang nama yang dimunculkan untuk melanjutkan proses pencetakan boarding pass.
– Tekan tombol print untuk mencetak boarding pass. Proses self check-in pun selesai.

Sumber:

https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=402354