Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Dalam PolybagCara Menanam Cabe Rawit Dalam Polybag

Pada artikel sebelumnya saya membahas cara pemilihan dan pembuatan benih cabe berkualitas. Apakah sudah ada yang mepraktekannya? jika sudah saya asumsikan anda sudah memiliki benih cabe yang sudah di seleksi kualitasnya. Atau mungkin benih cabe yang dibuat sudah mulai disemai dan menjadi kecambah?. Nah buat anda yang sudah menyiapkan bibit cabe untuk di tanam maka kali ini saya coba berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menanam cabe.

Untuk proses penanaman cabe tidaklah begitu sulit dilakukan. Apabila anda memiliki pekarangan rumah denga taman, ini sudah dapat dijadikan modal sebagai lahan tanam untuk pohon cabe anda. Tapi bagaimana dengan anda yang tidak memiliki lahan bertanah di rumah?. Tenang saja, pohon cabe dapat tumbuh dengan baik walaupun hanya ditanam dalam pot atau bahkan dalam polybag sekalipun.

Nah di artikel ini saya akan memberikan beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk dapat menanam pohon cabe dalam polybag. Kenapa polybag? karena media ini cukup mudah dan murah untuk di aplikasikan di rumah.

Cara Menanam Cabe Rawit Merah Dalam Polybag

Langkah pertama tentu saja adalah dengan menyiapkan bibit cabe rawit yang akan kita gunakan untuk di tanam dalam polybag nantinya. Jika anda belum memilikinya, silahkan beli bibit cabe rawit yang tersedia di toko pertanian atau dengan membuatnya sendiri seperti pada artikel sebelumnya Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri.
Artikel terkait : Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Polybag

Beragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik Rumah
Tanaman hias merambat merupakan salah satu jenis …

Pemanfaatan Ampas Kopi Untuk Pupuk Tanaman

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di Ind …
Siapkan wadah tanam berupa polybag dengan ukuran yang sesuai / cukup besar yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk media tanam untuk menanam bibit cabe rawit. Selanjutnya siapkan media tanam untuk nantinya mengisi wadah tersebut.
Polybag yang digunakan sebaiknya memiliki ukuran yang cukup besar, ukuran yang disarankan adalah polybag yang memiliki diameter sekitar 30cm. Penggunaan polybag yang terlalu kecil hanya akan membuat pertumbuhan akar menjadi terhambat dan membuat batang pohon menjadi susah berkembang.
Pesriapan selanjutnya adalah menyiapkan media tanam untuk mengisi polybag. Media tanam yang baik bisa dibuat dengan campuran tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang. Komposisi untuk campuran media tanam tersebut adalah 2 bagian tanah dengan 1 bagian pupuk.
Setelah media tanam tersesedia maka bibit cabe pun siap untuk dipindahkan kedalam polybag. Pilihlah bibit cabe rawit yang dalam kondisi baik. Ciri – ciri bibit cabe rawit yang baik adalah bibit yang memiliki batang sehat, cukup kokoh dan pilih yang sudah memiliki banyak daun ( 5 – 6 helai ).
Setelah mendapat bibit yang cukup baik, silahkan pindahkan bibit dari media semai. Pemindahan bibit cabe rawit ini perlu dilakukan dengan hati – hati. Kecambah cabe yang baru tumbuh belum memiliki akar yang kuat atau rapuh.
Apabila media penyemaian menggunakan polybag berukuran kecil, maka anda cukup membuka polybagnya dan memindahkan kecambah beserta media semainya kedalam media tanam. Namun jika media semai dilakukan langsung pada tanah, maka lakukan pemindahan dengan hati – hati supaya akar bibit tidak rusak atau terputus.
Perlu diperhatikan juga untuk waktu pemindahan bibit dari media semai ke media tanam. Waktu penanaman bibit cabe yang baik adalah saat matahari tidak terlalu terik seperti pada sore hari atau bisa juga dilakukan saat pagi hari.
Penanaman bibit cabe dilakukan dengan cara membuat lubang kecil pada media tanam pada polybag dengan ukuran yang sewajarnya. Lalu tanam bibit pada lubang tersebut tersebut lalu timbun kembali dengan media tanam. Penimbunan untuk bibit tidak perlu di tekan atau dipadatkan.
Bibit cabe yang sudah di tanam pada polybag selanjutnya bisa disiram dengan air secukupnya saja.

Sumber: https://businessnews.id/amazon-luncurkan-spark-media-sosial-untuk-belanja/