Ericsson: masyarakat ingin jaringan 5G segera hadir

Ericsson: masyarakat ingin jaringan 5G segera hadir

Ericsson masyarakat ingin jaringan 5G segera hadir

Ericsson merilis laporan ConsumerLab terbaru mengenai teknologi 5G yang ternyata diharapkan segera hadir oleh masyarakat pengguna telepon pintar, termasuk di Indonesia.

“Pelanggan di Indonesia berharap 5G tersedia dalam kurun 2-3 tahun dari sekarang,” kata Head of Network Solutions Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Frekuensi 5G diterapkan di Indonesia paling cepat 2020

Menurut dia, konsumen di Indonesia masih menunggu kehadiran teknologi 5G

karena perangkat ponsel yang dimiliki belum mencukupi untuk pengoperasian teknologi jaringan internet terbaru itu.

Baik dari segi pilihan yang disediakan, kata dia, maupun dari kapabilitas ponsel pintar yang ada sekarang ini belum mampu mengadopsi jaringan 5G.

Di Indonesia, kata Ronni, laporan tersebut menunjukkan bahwa separuh dari pengguna ponsel pintar akan mengganti operator yang mereka gunakan dalam waktu enam bulan jika tidak menyediakan layanan 5G.

“Dengan meningkatnya kesadaran konsumen mengenai 5G, rata-rata

responden percaya bahwa 5G akan diterapkan dalam dua tahun mendatang,” katanya.

Temuan penting lainnya, konsumsi video akan semakin meningkat seiring perkembangan 5G sehingga pelanggan tidak hanya mampu mengakses video dalam resolusi yang lebih tinggi, melainkan merasakan pengalaman baru.

Pada era 5G, lanjut dia, pengguna berkesempatan mengakses konten video

di luar rumah empat jam lebih lama dalam seminggu, serta bisa menggunakan kacamata Augmented reality (AR) dan Virtual reality (VR).

 

Baca Juga :