Facebook Newspaper, Pesaing Baru Media Tradisional

Facebook Newspaper, Pesaing Baru Media Tradisional

 

 Facebook Newspaper, Pesaing Baru Media Tradisional
Facebook Newspaper, Pesaing Baru Media Tradisional

Nampaknya Mark Zuckerberg sebagai bos Facebook masih akan membuat sensasi baru nih gais. Dikabarkan mas Mark memang lagi rajin membuat fitur-fitur baru Facebook, dan sekarang ada fitur baru lagi yang dibuat oleh mas Mark. Fitur baru apakah gerangan?Jadi gini gais, mas Mark ini lagi mempunyai ambisi agar Facebook menjadi “personal newspaper” atau “koran pribadi” bagi pengguna Facebook yang mencapai milyaran pengguna di seluruh dunia tersebut. Sosial network yang besar dikatakan akan menjadi sumber kunci berita untuk banyak pengguna mendapatkan berita di jaman serba digital ini.
facebook newspaper

facebook newspaper via fang digital

Mas Mark juga mengungkapkan pada awal bulan ini di sebuah forum kalau tujuan utamanya untuk saat ini adalah

membuat Facebook’s news feed “the perfect personalized newspaper for every person in the world”. Atau dengan kata lain menjadi koran pribadi bagi setiap orang di dunia ini. Wah keren juga ya tujuan dari mas Mark ini gais.

Lebih jauh lagi mas Mark mengatakan saat koran memberikan informasi yang sama kepada semua pembacanya, Facebook nantinya akan dapat memberikan berita yang sesuai dengan berita yang diinginkan oleh masing-masing penggunanya. Berita yang disampaikan oleh Facebook ini nantinya berupa berita dari seluruh negara di belahan dunia ini, even komunitas, dan pemberitahuan kabar terbaru dari teman atau keluarga.

Tentunya ambisi Facebook tersebut memperoleh berbagai macam tanggapan gais. Seperti tanggapan yang

dilontarkan oleh Ken Paulson, seorang mantan editor USA Today yang mengatakan kalau Facebook akan memberikan pendekatan yang berbeda kepada setiap orang dalam “menikmati” berita. Hal ini entah nantinya akan menjadi hal baik atau menjadi hal buruk, tapi yang jelas gebrakan yang dilakukan oleh Facebook ini tidak akan bisa dilakukan oleh media tradisional dalam hal ini koran.

Yang lebih oke lagi nih gais, dengan Facebook Newspaper ini, keputusan editorial tentang apa yang akan dilihat oleh para pembaca bukan ditentukan oleh jurnalis, melainkan ditentukan oleh suatu algoritma yang bisa menentukan berita mana yang menarik perhatian dari masing-masing pembaca. Jadi nantinya para pembaca akan disuguhi dengan berita yang memang mereka ingin baca, oke juga kan inovasi dari Facebook ini.

Hal tersebut tentunya menjadi perhatian tersendiri ya buat para jurnalis tradisional, tapi disisi lain hal yang

dilakukan oleh Facebook ini memang merupakan suatu terobosan baru bagi para pembaca berita yang ingin membaca berita dengan cara yang lebih efisien. Para jurnalis mungkin akan merasa “tersakiti” dengan adanya terobosan dari Facebook ini, namun mengingat perkembangan jaman di era digital seperti sekarang ini tentu hal yang dilakukan oleh Facebook merupakan hal yang wajar.

Sekarang semua kembali kepada pembacanya kok gais, mau menikmati berita via digital ya monggo, mau menikmati berita dengan cara tradisional melalui koran ya monggo.

Sumber:

https://excite.co.id/