Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

a. Tingkat Pendapatan

Besar-kecilnya pendapatan yang diterima seseorang akan mempengaruhi pola konsumsi orang itu. Semakin besar pendapatan seseorang maka konsumsinya cenderung meningkat dan sebaliknya apabila pendapatnya sedikit maka jumlah konsumsi orang itu juga sedikit.
 

b. Sikap Hidup

Sikap hidup seseorang akan berpengaruh terhadap pola konsumsi, misal sikap hidup boros atau hemat. Mereka yang memiliki sikap hidup boros maka tingkat komsumsinya cenderung tinggi. Dan mereka yang memiliki sikap hidup hemat maka tingkat konsumsinya cenderung sedikit. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)
 

c. Lingkungan Tempat Tinggal

Manusia hidup tidak lepas dari lingkungan sekitarnya. Manusia akan selalu beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga pola konsumsi seseorang itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan seseorang itu berada.
 

d. Selera

Keinginan masing-masing orang tidaklah sama. Keinginan yang muncul dalam diri seseorang karena adanya daya tarik barang/jasa yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, yang dikenal dengan selera. Selera seseorang akan mempengaruhi pola konsumsi. Jika selera orang itu tinggi terhadap suatu barang/jasa maka konsumsi terhadap barang/jasa akan meningkat, dan sebaliknya apabila selera orang itu rendah maka konsumsi terhadap barang/jasa akan  rendah.
Kegiatan konsumsi sangat pentiing demi kelangsungan hidup manusia. namun, bukan berarti sikap boros dapat dibenarkan. Manusia harus selalu mempertimbangkan besarnya pendapatan dan harus selektif dalam melakukan konsumsi.
Kita harus mendahulukan kebutuhan yang paling penting. Untuk hal itu sebaiknya setiap orang harus membuat skala prioritas kebutuhan yang disesuaikan dengan pendapatannya. Dalam melakukan kegiatan konsumsi, sebaiknya mengkombinasikan antara kebutuhan barang dan jasa sehingga akan tercapai kepuasan yang maksimal.
Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh  konsumen yang satu dengan konsumen yang lain sangat berbeda. Perbedaan pola konsumsi itu tentu saja tergantung dari kebutuhan terhadap barang dan jasa. Adanya keberagaman kebutuhan barang dan jasa menunjukkan pola konsumsi tiap-tiap orang berbeda.