Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi

Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:

–          Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik.

–          Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen.

–          Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

Dokumen PDF pada umumnya tersusun atas kombinasi teks, grafik vektor, dan grafik raster. Grafik vektor digunakan untuk menampilkan ilustrasi yang terbentuk dari garis dan kurva, sedangkan grafik raster digunakan untuk menampilkan foto dan citra. Pada perbaikan format selanjutnya, dokumen PDF juga mampu mendukung hyperlink, forms, javascript, dan berbagai kemampuan lain yang dapat didukung dengan melakukan penambahan plugin. Dokumen PDF versi 1.6 telah memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik tiga dimensi interaktif.

CARA MENGUBAH KONVERSI FILE WORD KE PDF

Mungkin tutorial ini sudah banyak yang memposting di beberapa blog dan sangat mudah di cari di google,akan tetapi disini tidak ada salahnya saya akan berbagi sedikit informasi tentang Cara Mengubah konversi File word ke PDf.

Mungkin ada teman-teman yang kesulitan mencari software gratis untuk mengubah (konversi) file word (*.doc) ke format pdf. Ada sebuah software gratis yang bisa temen  gunakan untuk mengubah file word temen temen ke dalam bentuk file pdf yaitu software doPDF bisa temen temen  download di situs remi doPDF ukuran filenya sekitar 1,6 MB.

Setelah selesai di download maka temen temen harus segera menginstalnya dan setelah berhasil di instal maka untuk merubah Format tersebut dengan cara :

Buka aplikasi microsoft word,
Buka juga sebuah file word yang akan dikonversi ke pdf
setelah selesai masuk ke menu file lalu pilih print
setelah masuk ke menu print maka akan tampil ke halaman berikutnya.pada kolom name pastikan posisi nya berada pada tulisan PDf v6 lalu kelik ok.
Pilih lokasi untuk menyimpan file hasil konversi
lalu Klik OK

6. Browse untuk tempat penyimpanan setelah itu klik ok

LANGKAH-LANGKAH KONVERSI MS KE PDF DENGAN ADOBE ACROBAT 5.0

Konversi ke PDF

Menginstal program Adobe Acrobat versi 5.0 di PC.
Biasanya pada sudut kanan atas layar lembar kerja MS terdapat 2 ikon
Adobe: “Convert to Adobe PDF” dan satunya lagi “Convert to Adobe PDF dan Email”.
Pada dokumen MS yang sedang aktif dan siap di’convert’, klik
icon “Convert to Adobe PDF”.
Akan muncul menu Save PDF file As: File name (penamaan file), Save as type: PDF files, dan Save in (file tsb akan disimpan di mana). Arahkan ke folder tempat penyimpanan dokumen pdf tsb.
Klik Save.

Pengamanan file PDF

Buka file pdf yang baru dikonversi tadi.
Klik menu: File – Document Security. Tampil menu Security Options,
klik menu scroll dan pilihlah: Acrobat Standard Security.
Otomatis muncul menu:

A (tidak mutlak dilakukan, apalagi kalau filenya banyak; dengan B saja sudah cukup aman). Specify Password -> untuk membuka dan mengubah isi dokumen.
Centanglah pada bagian Password Required to Change Permissions and Passwords. Kemudian pada Master Passwords: masukkan password yang Anda siapkan. B Permissions -> untuk mencetak, mengubah, mengkopi, menambah dan mengubah field comment dan form pada dokumen.
Pilihan encryption level (tingkat enkripsi) ada 2:
40-bit RC4 (untuk Acrobat 3.x, 4.x) dan 128-bit RC4 (untuk Acrobat 5.0). Silakan pilih. Kemudian centanglah menu: no printing, no changing the document, no content copying or extraction, disable accessibility, no adding or changing comments and form fields.

Pada Enkripsi 128-bit RC4, cukup mencentang pada Enable Content Access for the Viasually Impaired. Hapus centang pada “Allow Content Copying and Extraction”. Pada menu: Changes Allowed, pilihlah None. Printing: Not Allowed. Klik OK. Klik Close pada menu Document Security. Save dan tutuplah file tersebut. Kemudian coba buka kembali. File pdf tsb. sudah terkunci aman

Baca juga: