Fuschia OS – Sistem Operasi Baru Dari Google Pengganti Android dan Chrome OS?

Fuschia OS – Sistem Operasi Baru Dari Google Pengganti Android dan Chrome OS?

 

Fuschia OS - Sistem Operasi Baru Dari Google Pengganti Android dan Chrome OS
Fuschia OS – Sistem Operasi Baru Dari Google Pengganti Android dan Chrome OS

Sebenarnya, rumor ini sudah menueruak setahun lalu bahwa Google sedang mengembangkan sebuah sistem operasi

baru. Seperti yang kita tahu, Google sudah punya sistem operasi Android dan Chrome OS. Dan bahkan keduanya menuai kesuksesan yang luar biasa, lalu kenapa Google malah bikin sistem operasi baru? Apakah suatu saat Android dan Chrome OS akan “dipensiunkan” oleh Google?

Mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, Google belum pernah buka suara. Bahkan, selama setahun terakhir ini mereka terdiam seribu bahasa. Namun saya yakin bahwa “bocornya” informasi mengenai sistem operasi terbaru ini ke publik telah “disengaja” pihak Google guna meningkatkan rasa penasaran dan antusiasme para penggila gadget dari seluruh dunia.

Hal tersebut memang biasa diakukan. Sebuah perusahaan secara sengaja “membocorkan” produk terbarunya guna meningkatkan animo masyarakat. Cara paling umum adalah dengan menaruh foto-foto atau info sepotong-sepotong di forum teknologi guna memancing rasa penasaran para penghuni forum. Sampai akhirnya kabar tersebut tersebar ke seluruh dunia.

Well, cara seperti itu sebenarnya sangat lumrah. Bahkan di dunia hiburan seperti film-film terbaru yang masih dalam proses syuting, sutradara atau produser biasanya sengaja membocorkan sedikit gambar mengenai karakter-karakter yang ada dalam film. Film-film marvel dan DC adalah contoh nyatanya.

Balik lagi ke Fuschia OS.

Tidak menggunakan kernel linux

Google adalah “penggemar” linux. Tidak heran Android dan Chrome OS sama-sama menggunakan kernel linux

sebagai inti dari sistem operasi. Namun sepertinya, Google sedang bersiap-siap move on dari linux. Fuschia OS tidak menggunakan kernel linux, melainkan sebuah kernel bernama Magenta.

Fuschia OS juga “rencananya” akan bekerja mirip seperti Windows. Yaitu dapat berjalan di banyak perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, sampai dengan laptop dan komputer. Mungkin ini adalah salah satu langkah Google guna mencapai ambisinya untuk mengalahkan Microsoft dan Apple.

Namun sampai dengan saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Fuschia OS dari Google.

Penampakan Fuschia OS

Baru-baru ini, beredar sebuah video yang menggambarkan bagaimana rupa dari Fuschia OS. Namun sayangnya, video tersebut tidak menjelaskan lebih detail mengenai Fuschia OS. Video tersebut hanya menampilkan sedikit penampakan dari antar muka Fuschia OS. Kalau penasaran, berikut ini adalah beberapa penampakan Fuschia OS.

Dibagian bawah kamu bisa melihat aplikasi Google sedang berjalan dengan keterangan “Ask for anything”. Besar

kemungkinan nantinya Fuschia OS akan memiliki asistem pribadi dari Google seperti android saat ini.

Screenshot diatas memberi gambaran lebih jauh mengenai tampilan aplikasi-aplikasi yang berjalan di Fuschia OS. Dilihat dari tampilannya, tidak terlalu berbeda dengan antarmuka desain material yang digunakan android saat ini.

Akan jadi seperti apakah Fuschia OS nanti? Akankah Android dan Chrome OS selesai masa baktinya ketika Fuschia OS dirilis ke publik? Entahlah, hanya Tuhan, Google, dan para engineer-nya yang tahu.

Sumber:

https://galleta.co.id/fancy-pants-adventures-apk/