Hubungan Ilmu Budaya Dasar dalam Sistem Informasi

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dalam Sistem Informasi

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dalam Sistem Informasi
Hubungan Ilmu Budaya Dasar dalam Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi Alter (1992)

Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam suatu perusahaan.
Tidak hanya itu pengertian Sistem Informasi yang saya dapat. Misalnya, saya dapatkan juga dari kutipan yang ada. Salah satunya adalah Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang dibuat untuk efektivitas suatu management dalam operasinya.

Dari berbagai sumber, pendapat, dan kutipan yang telah saya jelaskan, kita bisa tarik kesimpulan dari data – data diatas. Kesimpulanya yaitu, bahwa Sistem Informasi adalah suatu perangkat yang memiliki banyak fungsi dan dikerjakan melalui prosedur kerja serta orang – orang dengan menggunakan teknologi atau sistem yang ada untuk tujuan yang spesifik dan memberikan informasi pada masyarakat banyak.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan. Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang aslinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Pengetahuan budaya mempunyai tujuan yaitu

untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Maksud dari tujuan di atas yaitu, kita sebagai manusia harus saling mengerti dan menghormati setiap kebudayaan yang ada dan yang dijalankan oleh masing – masing masyarakat yang memiliki budayanya sendiri.

Adanya budaya sangatlah penting

dalam menjalankan hidup ini dan merupakan salah satu faktor penunjang dalam berorganisasi. Karena, budaya juga bisa diartikan sebagai sikap atau etika yang pasti dimiliki oleh semua orang. Mengerti budaya, pasti mengerti juga tentang perlunya beretika sopan pada siapapun, dimanapun, kapanpun, dan apapun dalam menghadapi persoalan yang ada. Jadi, adanya budaya sangatlah membantu kita untuk membangun cara berpikir kita dalam beretika kepada setiap orang.

Baca Juga :