Inovasi Baru dalam Dunia Bisnis

Inovasi Baru dalam Dunia Bisnis

Inovasi Baru dalam Dunia Bisnis
Inovasi Baru dalam Dunia Bisnis

Di jaman modern saat ini dimana perkembangan teknologi sudah berkembang sedemikian pesatnya, semua orang mengharapkan bisa mendapatkan semuanya secara instant dan mudah untuk dinikmati termasuk pada kegiatan berbelanja. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan fasilitas berbelanja via internet daripada harus membuang waktu dan tenaga untuk mengunjungi mall atau tempat berbelanja lainnya. Sejak saat itu muncullah bisnis online yang mulai marak dibicarakan oleh masyarakat belakangan ini dan juga sudah banyak masyarakat yang mulai mengelutinya.

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online di internet. Pada prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Maka dari itu bisnis online bukan merupakan bisnis maya, karena di dalamnya ada pertukaran antara nilai tambah dengan uang, tidak dengan sendirinya Anda bisa mendapatakan penghasilan, tapi ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang dijual sama seperti menjalankan bisnis offline. Tetapi bedanya hanya terletak pada cara pemasarannya, bisnis online bisa terlihat dari namanya dijalankan secara online di internet. Pemasarannya dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet. Masyarakat dapat melakukan pemesanan online melalui internet, cara ini dinilai lebih ekonomis dilihat dari segi waktu, tenaga, maupun biaya karena pembeli bisa mengakses semua info tentang produk yg mereka butuhkan lewat internet tanpa harus pergi ke suatu tempat untuk melihat produk yang mereka butuhkan. Tidak heran kalau bisnis ini diminati oleh sebagian besar masyarakat yang latar belakangnya adalah pekerja kantor yang tidak mempunyai banyak waktu dan yang seringkali menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer.

Saat ini banyak dari masyarakat yang mencoba terjun di dunia bisnis online, karena bisnis ini sangat mudah di akses baik bagi pemula maupun orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Sebagian besar masyarakat memilih bisnis online sebagai pekerjaan sampingan selain pekerjaan tetap mereka sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Hal ini terjadi karena bisnis online bisa dikelola tanpa memerlukan kehadiran si pemilik usaha untuk mengawasi bisnisnya. Anda bisa tetap bekerja sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini dan membangun bisnis online dalam waktu yang bersamaan.

Di era globalisasi saat ini dimana teknologi sudah berkembang sedemikian pesatnya dan internet sudah semakin mudah untuk diakses oleh masyarakat, ada satu lahan usaha yang banyak diminati dan digeluti oleh para pengusaha, yaitu bisnis online. Perkembangan bisnis online di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini dikarenakan dukungan teknologi internet yang kian mudah dan murah serta kebutuhan modal yang relatif lebih kecil apabila dibandingkan dengan bisnis offline. Bisnis online pada dasarnya adalah bisnis yang dibangun lewat internet, baik itu usaha yang bukannya offline dipromosikan lewat internet ataupun memang usaha yang basisdasarnya dari internet. Pada prinsipnya menjalakan bisnis online sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, dan ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Bedanya hanya terletak pada cara pemasarannya saja, bisnis online dipasarkan melalui internet dan pembelinya di dapat melalui internet. Anda bisa menjual produk atau jasa hasil produksi atau keahlian sendiri selain itu bisa juga anda menjual produk atau jasa orang lain, kegiatan ini biasa disebut affiliasi dan reseller. Affiliasi adalah program kerjasama membagi keuntungan dimana seseorang dapat mendaftar gratis sebagai affiliator (sebutan yang biasa digunakan untuk orang yang menggunakan bisnis affliasi) tanpa harus terlebih dahulu membeli produknya, sedangkan reseller adalah orang yang membeli produknya terlebih dahulu baru mendapatkan hak kerjasama penjualan dari link reseller yang ia dapatkan. Dalam menjalakan bisnis online, ada yang menggunakan web atau blog sendiri, ada juga yang hanya menggunakan link affiliasi saja.

Sumber : https://write.as/danuaji88/education-is-one