Interaksi Antar komponen biotik

Interaksi Antar komponen biotik

Interaksi Antar komponen biotik

  • Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang saling menguntungkan antar organism yang saling berinteraksi. Dilihat dari sifatnya simbiosis mutualisme dibedakan menjadi :

  1. Mutualisme Fakultatif yaitu hubungan yang saling menguntungkan antar organisme tetapi bebrapa spesies organisme dapat hidup tanpa adanya partner mutualismenya.
  2. Mutualisme Obligatif yaitu hubungan yang saling menguntungkan antar organisme tetapi saling mempengaruhi dan saling membutuhkan satu dengan lainnya. Contoh adalah bakteri yang hidup dalam sistem pencernaan hewan herbivora. Hewan herbivora tidak dapat mencerna selulose sehingga dibutuhkan bakteri simbiotik atau protozoa didalam sistem pencernaannya.

  • Simbiosis Komensalisme

Komensalisme merupakan simbiosis antar organisme atau mahluk hidup dimana salah satu organisme diuntungkan oleh organisme lain dan organisme lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Contoh Ikan –ikan kecil yang mengekor pada ikan hiu atau ikan besar yang memakan plankton atau sisa makanan ikan besar tersebut sekaligus melindungi dirinya dari predatornya.


  • Simbiosis Parasitime

yaitu suatu simbiosis yang merugikan organisme lain. Dengan kata lain parasitisme merupakan interaksi yang terjadi antar organisme, dimana yang satu merasa diuntungkan dan yang organisme lainnya merasa dirugikan.Contoh nya kelinci salju dimakan oleh serigala.


  • Alelopati

yaitu salah satu organisme yang bermutualisme dapat menghambat pertumbuhan organisme lain. Contoh komensalisme antar fungi dan bakteri dimana beberapa fungi dapat melepaskan racun atau toksin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.


  • Kompetisi

merupakan persaingan yang terjadi antar organisme dalam memperoleh sumber daya yang terbatas, seperti makanan, pasangan, daerah atau wilayah kekuasaan dan lain sebagainya. Kompetisi dibedakan menjadi dua macam, yaitu ;


a) Kompetisi intraspesifik

yaitu kompetisi yang terjadi antar spesies yang sama. Contoh, persaingan antar tumbuhan dalam memperoleh nitrogen.


b) Kompetisi interspesifik

merupakan kompetisi yang terjadi antar individu yang berbeda spesies. Contoh persaingan antara serigala dan beruang dalam memperoleh kelinci salju (Syafei, 1990).


Sumber: https://bertuah.co.id/2020/04/24/bardbarian-apk/