Jenis Jenis Puasa dalam Dunia Kesehatan

Jenis Jenis Puasa dalam Dunia Kesehatan

Jenis Jenis Puasa dalam Dunia Kesehatan

Religious Fasting

Agama Islam mengharuskan umat Islam untuk berpuasa pada bulan Ramadhan selama satu bulan. Puasa bulan Ramadhan merupakan puasa dari matahari terbit sampai terbenam. Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan lapar, namun puasa ini juga menahan hawa nafsu.

Juice Fasting

Seperti namanya, juice fasting merupakan puasa yang melibatkan konsumsi jus buah dan sayuran selama periode puasa. Tidak terdapat makanan padat yang dimakan selama periode ini. Jenis puasa ini membutuhkan perencanaan yang cermat. Salah satu kebutuhan untuk mendapatkan cukup mineral dan vitamin dari berbagai buah-buahan dan sayuran segar. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat detoksifikasi dan menyembuhkan tubuh serta menurunkan berat badan.

Water Fasting

Water fasting merupakan puasa yang hanya mengkonsumi air selama puasa. Water fasting bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

Cleansing Fasting

Cleansing fasting merupakan puasa yang bertujuan untuk membersihkan usus dari racun. Cleansing fasting hanya mengkonsumsi jus lemon, lada merah, atau rempah-rempah lainnya. Cleansing fasting dapat berlangsung selama 1 sampai 14 hari. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Liquid Protein Fasting

Liquid protein fasting bertujuan untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Liquid protein fasting dapat menurunkan berat badan antara 10 hingga 100 lb. Puasa ini memerlukan pengawasan medis yang tepat

Diagnostic Fasting

Diagnostic fasting merupakan puasa yang diharuskan karena kondisi medis tertentu. Puasa ini merupakan puasa dengan tidak mengkonsumsi makan dan minum apapun kecuali air selama 8 sampai 12 jam. Misalnya, Anda diharuskan berpuasa diagnostic fasting untuk mengambil tes glukosa puasa. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur kadar glukosa darah untuk mendiagnosis diabetes atau hipoglikemia.

Partial Fasting

Puasa ini pada dasarnya membatasi beberapa jenis makanan tertentu seperti beras, gandum, atau daging. Puasa ini membatasi mengkonsumsi makanan padat tetapi membatasi jumlah makanan menjadi kurang dari 1 sampai 3 makanan.