Kafilah UB Berangkatkan 30 Mahasiswa ke MTQMN Unsyiah Aceh

Kafilah UB Berangkatkan 30 Mahasiswa ke MTQMN Unsyiah Aceh

Kafilah UB Berangkatkan 30 Mahasiswa ke MTQMN Unsyiah Aceh
Kafilah UB Berangkatkan 30 Mahasiswa ke MTQMN Unsyiah Aceh

Universitas Brawijaya (UB) mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional

(MTQMN) XVI yang diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. MTQMN berlangsung selama sembilan hari mulai Minggu (28/7/2019) hingga Sabtu (3/8/2019).

MTQMN diikuti 230 perguruan tinggi dengan jumlah peserta hampir 2.500 mahasiswa. UB sendiri mengirimkan 30 mahasiswa yang tersebar di 15 cabang lomba.

Rektor UB Nuhfil Hanani meminta kafilah UB menjaga kekompakan selama berlomba.

Ia berharap, setiap perwakilan UB bisa tampil prima dan meraih kemenangan dengan membawa pulang piala juara umum. “Kami turut mendoakan kafilah ini bisa pulang dengan selamat, membawa berita gembira, membawa piala juara umum,” kata Nuhfil, Kamis, (25/7/2019).

Sebelumnya, Selasa (23/7/2019), Kafilah UB melakukan Gladi Kesiapan di Gedung Rektorat UB. Ketua Tim Kafilah UB Muwafik Saleh, meminta seluruh peserta berlomba dengan niatan mensyiarkan Al Qur’an. “Sebaran peserta lomba saat ini sudah banyak, setiap perguruan tinggi mempersiapkan dengan baik. Niatkan untuk mensyiarkan Al Qur’an,” ujarnya.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FISIP ini mengatakan pembinaan telah dilakukan selama hampir empat bulan.

Selama pembinaan mahasiswa dibimbing oleh pembina yang pakar di bidang masing-masing dan mengerti perihal MTQ.

Cabang lomba yang diikuti UB diantaranya Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Qira’at Sab’ah, Hifzhil Qur’an( 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz), Khaththil Qur’an Golongan Dekorasi, Khaththil Qur’an Golongan Kontemporer, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Qur’an Kandungan Ilmiah, Debat Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab, Debat Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris, Desain Aplikassi Al Qur’an.

MTQMN merupakan ajang dua tahunan yang diselenggakaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Tahun 2017, UB menjadi tuan rumah dan berhasil meraih juara dua.

 

Sumber :

https://education.microsoft.com/Story/CommunityTopic?token=HORwW