Kala Orangtua Dilibatkan Jadi Pengajar dalam KBM di Sekolah

Kala Orangtua Dilibatkan Jadi Pengajar dalam KBM di Sekolah

Kala Orangtua Dilibatkan Jadi Pengajar dalam KBM di Sekolah
Kala Orangtua Dilibatkan Jadi Pengajar dalam KBM di Sekolah

Biasanya keterlibatan orang tua selama di sekolah tak begitu banyak.

Kadang orang tua hanya tampak saat pertama masuk sekolah, antar jemput, atau bahkan pengambilan rapor. Salah satu sekolah swasta di Yogyakarta membuat sebuah program unik dimana orangtua tidak hanya terlibat dalam aktivitas kelas tapi juga mengajar.

Program ini dinamakan PTP

(parents teaching program) atau Program Orangtua Mengajar. Sebagian orangtua berpendapat bahwa program ini merupakan program yang unik sebab mereka tak hanya bisa berinteraksi dengan anak saja, melainkan bisa merasakan menjadi fasilitator bagi anak mereka dan membagikan pengetahuan baru di kelas.
Frengky, Kepala SD Budi Utama menuturkan bahwa keterlibatan orangtua dalam kegiatan belajar mengajar anak memiliki banyak manfaat. Diantaranya penguatan hubungan orangtua ke anak dan juga orangtua dengan pihak sekolah.
“Orangtua perlu terlibat dalam kegiatan KBM merupakan bagian yang penting untuk penguatan kepada siswa bahwa orangtua baik di sekolah dan di rumah perlu memberikan sinergi untuk pembelajaran,” pungkas Frengky, Rabu (18/12/2019).
kbmm.jpeg
Salah seorang orangtua (berdiri baju kotak-kotak) mengajarkan keterampilan pada para siswa. Foto: Istimewa.
Selain itu pula, tujuan kegiatan kali ini memberikan pengertian kepada orangtua siswa bahwa berprofesi sebagai guru dan mengajar siswa bukanlah hal yang mudah. Sehingga diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran pada keberadaan guru. Tak hanya itu saja, manfaat dari kegiatan ini bisa meningkatkan life skill apa lagi banyak orangtua punya banyak pengalaman dari berbagai latar belakang yang bisa dibagikan kepada anak.

PTP ini diselenggarakan selama empat hari mulai dari tangga 9 hingga 12 Desember 2019.

Teknisnya, setiap koordinator orangtua di kelas akan membentuk empat kelompok untuk sesi sharing dan berdinamika. Dan menariknya program ini mendapat sambutan yang baik dan antusiasme luar biasa dari orangtua siswa.
Bahkan tak hanya dari orangtua saja, siswa juga merasa antusias selama proses di kelas.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/