Kandungan dalam Capsicum annuum atau Cabai/Cabe

Capsicum annuum atau Cabai/Cabe adalah tanaman spesies dari genus tanaman Capsicum yaitu tanaman asli Amerika Utara bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Spesies ini adalah yang paling umum dan luas dibudidayakan dari lima capsicums yang ada. Spesies ini meliputi berbagai macam bentuk dan ukuran dari capsicums, baik ringan dan pedas. Pedas yang dihasilkan oleh cabai disebabkan karena cabai memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin C dabn juga minyak atsiri capsaicin. Annum berasal dari bahasa latin yang berarti tahunan, namun tanaman ini bukanlah tanaman tahunan. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 60 cm (24 inci); memiliki bunga tunggal berwarna putih pucat dan kadang-kadang keunguan; memiliki buah berwarna hijau, kuning atau merah. Buah cabai ini dimanfaatkan sebagai bumbu masakan karena rasanya yang pedas dapat menjadi penguat rasa, sambal, pelengkap makanan dan sebagainya. Terdapat beberapa varietas cabai antara lain:

C. annuum var. annuum
C. annuum var. glabriusculum
C. annuum var. grindstaffum
Capsicum annuum var. bola
Selain varietas tanaman cabai asli terdapat pula varietas tanaman cabai hias yang memiliki buah dan daun berwarna hitam atau ungu.

Kandungan yang terdapat dalam 100 gram cabai antara Kalori 39 kcal;Jumlah Lemak 0,4 g; Lemak jenuh 0 g; Lemak tak jenuh ganda 0,2 g; Lemak tak jenuh tunggal 0 g; Kolesterol 0 mg; Natrium 9 mg; Kalium 322 mg; Jumlah Karbohidrat 9 g; Serat pangan 1,5 g; Gula 5 g; Protein 1,9 g; Vitamin A 952 IU; Vitamin C 143,7 mg; Kalsium 14 mg; Zat besi 1 mg; Vitamin D 0 IU; Vitamin B6 0,5 mg; Vitamin B12 0 µg; Magnesium 23 mg dan berbagai senyawa lainnya. Karena kandungan tersebut, selain dijadikan sebagai bumbu dapur atau rempah-rempah, cabai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, mengendalikan penyakit kanker dan masih banyak yang lainnya. Namun sebaiknya dalam mengkonsumsi cabai secukupnya saja untuk menghindari terjadinya nyeri lambung.

Baca Juga :