Kecpatan Prosesor

Kecpatan Prosesor

            Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik dan angka yang telah berkembang dengan cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan komputer micro pertamanya. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz) yang berarti juta siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dialkukannya aksi seperti menambahkan dua angka.

Ukuran Word

            Prosesor-prosesor pertama disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu word. Bit ialah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran dari berapa banyak bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus komputer. Delapan bit akan membentuk satu bita (byte) dan setiap bita dapat menyimpan satu karakter.

            Ukuran word adalah hal yang penting yang menentukan berapa banyak karakter dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor. Komputer micro yang pertama memiliki ukuran word sebesar 8-bit tetapi komputer micro dewasa ini menggunakan ukuran 32-bit. Komputer micro yang pertama hanya dapat memindahkan satu karakter dengan satu siklus; komputer micro sekarang dapat memindahkan empat karakter dengan satu karakter dan semakin lam aakan semakin berkembang.

Kekuatan

            Kekuatan komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor. Perbaikan dalam sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi dikerjakan dalam siklus yang lebih sedikit. Hukum Moore menyatakan bahwa kecepatan sebuah komputer akan mengingkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Ini merupakan kombinasi kecepatan prosesor ukuran word, dan perbaikan sirkuit yang menghasilkan peningkatan kecepatan yang luar biasa.

            Bagi banyak orang, pertumbuhan kekuatan komputer adalah hal yang sulit untuk dimengerti. Seiring dengan turunnya harga teknologi informasi, para manajer akan menggunakan lebih banyak teknologi infomasi dalam membantu pengambilan keputusan yang mengubah car amereka dalam memecahkan masalah.

           

            MEMORI

            Pada dasarnya, adta disimpan dalam sebuah komputer dalam dua cara yaitu memori dan penyimpanan. Memori yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM) mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer.memori ialah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya dimatikan, yang mencerminkan fakta bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa dilakukan oleh prosesor.

            Jumlah memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori sebesar 128 hingga 256 megabita (MB) sekitar 256 juta bita. Memori dapat dianggap sebagai suatu ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor. Lebih efisien bagi prosesor untuk mengakses dan menggunakan data yang terdapat dalam memori. Memori telah menjadi lebih cepat agar tetap dapat mengikuti prosesor-prosesor yang lebih kuat.

Baca juga: