Komposisi Fotografi – Simplicity

Komposisi Fotografi – Simplicity

Komposisi Fotografi – Simplicity
Komposisi Fotografi – Simplicity

Simplicity atau kesederhanaan dalam menangkap obyek foto berarti dapat menentukan apa yang akan kita tonjolkan dari foto kita tersebut. Bagaimana kita bisa mengisolasi obyek utama atau sering disebut POI (Point of Interest) dari foto kita tersebut. Isolasi POI ini dapat dengan bermacam-macam cara, seperti cropping/zoom-in, mencari angle lain, menggelapkan background, membuat background blur dsb.

Simplicity

Proses isolasi ini bisa langsung dilakukan saat kita memotret (ini yang disarankan karena dapat melatih perasaan dan kejelian kita memilih POI) atau untuk beberapa kasus bisa dilakukan dengan post-process perangkat lunak.

simplicity3

Tips untuk Komposisi Simplicity
Temukan Point of Interest (POI)
POI akan menjadi titik awal untuk mengeksplorasi sebuah karya foto. Dengan adanya elemen sebagai POI mampu membimbing orang yang melihat foto itu untuk memahami konteks foto secara keseluruhan dalam seketika. Menemukan POI juga memudahkan seorang fotografer untuk merekam sebuah kejadian dengan cepat.

400678_10201292779507386_98989835_n

Nah foto dengan banyak detail akhirnya detail-detail tersebut menjadi elemen yang menarik perhatian dari subyek utama foto, atau malah bisa terkesan ada terlalu banyak Point of Interest di dalam foto tersebut.

simplicity5

Temukan Obyek yang Minimalis
Cobalah ambil foto sederhana dan minimalis, kalian bisa menggunakan framing ketat, atau memotret dari angle berbeda pada kebanyakan kondisi bisa membantu mendapatkan kesederhanaan dalam sebuah foto. Hilangkan beberapa elemen yang berpotensi menjadi pemecah perhatian atau distraction dan mampu untuk memperbesar efek dari subyek utama bagi penikmat foto.

Sumber : https://www.merchantcircle.com/blogs/seo-business-houston-tx/2019/10/Dosenpendidikan-Introduces-High-School-Study-Materials./1765869