Kucing Muntah Cacing

Kucing Muntah Cacing

Kucing Muntah Cacing

Kucing muntah cacing sebagian besar terjadi pada mereka terinfeksi. Infeksi parasit yang paling mudah terjadi pada kucing hingga anjing sebagian besar dipengaruhi oleh cacing gelang. Bisa dikatakan, rata-rata sebagian besar mereka pernah mengalami masalah tersebut selama hidup mereka. Kecenderungan tersebut semakin besar jika peliharaan hidup bebas tanpa pengawasan oleh pemilik, khususnya ras kucing.

Masuknya cacing gelang dalam tubuh kucing bisa bermacam cara, dari tempat yang terinfeksi cacing gelang hingga makan sembarangan yang terdapat telur cacing tersebut. Umumnya infeksi tersebut banyak terjadi pada kucing dewasa. Anak kucing dapat mengalami cacing gelang lewat kontak langsung dari kucing terinfeksi atau melalui ASI yang didapatkan dari induk kucing.

Infeksi cacing gelang pada kucing yang hidup tanpa pengawasan, umumnya tidak langsung memperlihatkan tanda bermasalah saat terjangkit. Telur cacing dan cacing dewasa yang menghasilkan telur baru dan menjadi dewasa dalam jumlah yang cukup, mulai menganggu kesehatan hewan peliharaan.

Gejala yang ditunjukkan kucing muntah cacing gelang diantaranya sering muntah, berat badan menurun dan menjadi kurus, selera makan meningkat, kesehatan bulu kucing menjadi kusam, area perut membesar buncit dan beberapa perilaku tak normal lain yang bisa berbeda pada peliharaan. Kucing yang termasuk kasus berat bisa menunjukkan respon batuk karena cacing gelang menyerang paru-paru.

Beberapa cara mendeteksi kucing sakit karena cacing gelang, misalnya perubahan pup kucing. Pup yang dihasilkan oleh mereka akan terlihat bergerak yang berwarna putih atau kecokelatan muda. Cacing gelang yang keluar dari feses kucing sebagian tampak tanpa menggunakan alat bantu karena jenis cacing gelang dewasa bisa mencapai 3-5 inci.

Untuk memeriksa kotoran kucing tersebut, disarankan memakai alat pelindung tangan atau segera mencuci tangan untuk mencegah penularan ke manusia.

Fakta kucing muntah cacing yang perlu Anda tahu

Manusia bisa tertular cacing gelang yang berasal dari kucing sakit. Oleh karena itu, selalu menjaga kesehatan peliharaan dengan baik karena anak usia muda dan wanita hamil memiliki resiko yang lebih besar
Peliharaan bisa terinfeksi cacing gelang saat kontak langsung dari makanan tercemar, lingkungan yang terinfeksi, sampai penularan antar hewan
Hewan yang terinfeksi di awal sering tidak memperlihatkan gejala infeksi, tanda umum yang bisa digunakan untuk mengamatinya adalah memperhatikan berat badan mereka stabil atau menurun, perut menjadi buncit, bulu menjadi kusam
Respon lainnya kucing muntah cacing

Jika kucing muntah cacing kemungkinan besar mereka mengalami infeksi cacing gelang dan segera dipulihkan agar tak menular ke hewan lain dan manusia. Jadwalkan kunjungan ke dokter hewan terdekat untuk mendapat pengobatan yang tepat bagi mereka.


Sumber: https://guruaria.com/