Latar Belakang Masalah

Latar Belakang Masalah

Struktur penduduk di suatu wilayah meliputi jumlah, persebaran, dan komposisi penduduk. Struktur penduduk di suatu wilayah tersebut selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu dikarenakan proses demografi yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Oleh karena struktur penduduk yang dinamis atau senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu, maka perlu sekali untuk mengetahui komposisi penduduk di suatu wilayah. Hal ini dikarenakan komposisi penduduk dapat memberikan gambaran mengenai pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria tertentu. Sejalan dengan pendapat Ida Bagoes Mantra yang mengungkapkan bahwa komposisi penduduk sendiri adalah pengelompokan penduduk atas variabel-variabel tertentu ( Mantra, Bagoes Ida, 2000 : 23).

Melalui komposisi penduduk akan diperoleh berbagai data mengenai penduduk menurut jenis kelamin dan pengelompokan umur. Demikian, nantinya akan dapat diketahui kelompok umut produktif dan tidak produktif. Hal ini akan memudahkan pemerintah di suatu negara untuk meramalkan kebijakan apa yang akan diambil ketika melakukan pembangunan. Sebagai gambaran, apabila di suatu wilayah negara struktur penduduknya paling banyak pada kelompok umur 9-14 tahun, maka bidang pembangunan dapat ditekankan pada pengembangan pendidikan dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan tersebut. Hal ini akan menunjang keberhasilan pembangunan sumber daya manusia di masa depan.

Sumber daya manusia/penduduk juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pembangunan. Sumber daya manusia/jumlah penduduk yang besar dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menjadi beban bagi suatu negara untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduknya (Siagian, 2001). Oleh karena itu, dengan menelaah dan menganalisis komposisi penduduk, permasalahan kependudukan dapat dideteksi dan dicarikan upaya pencegahan dan penyelesaian masalahnya. Demikian, jika di suatu negara tidak diketahui komposisi penduduknya maka akan sangat sulit untuk mengkaji kebijakan pembangunan yang harus diambil untuk pengembangan suatu wilayah di masa depan. Komposisi penduduk memiliki manfaat dan peranan yang sangat penting untuk kehidupan manusia di suatu negara, baik dalam bidang pembangunan maupun sosial ekonomi masyarakatnya. Terutama di Indonesia yang wilayahnya terdiri dari 17.600 lebih pulau dengan jumlah penduduk terbesar urutan pertama se-ASEAN (Association South of Asia Nation) dan menempati urutan kedua di kawasan SEARO (South East Asia Region Office) setelah India dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,4% (Ramdani, Deni, 2013). Kenyataan bahwa laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang senantiasa berfluktuasi, maka diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai komposisi penduduk yang juga erat kaitannya dengan perencanaan pembangunan di masa depan.

 

Sumber :

http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/jasa-penulis-artikel/