Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal alpukat? Ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Apa kelebihan buah ini?

Bagi Anda yang bisa “membaca dan menulis”, makanan ini bisa dimakan setiap hari. Inilah manfaat alpukat.

Salah satu jus yang sangat populer di Indonesia adalah jus alpukat. Jus ini memiliki tekstur lembut dan rasanya enak. Di balik rasa lezat ini adalah jus alpukat yang memberi tubuh begitu banyak manfaat kesehatan. Apa manfaat jus alpukat?

Manfaat jus alpukat untuk kesehatan

Selain lezat dan mengenyangkan, ada banyak manfaat jus alpukat yang bisa Anda dapatkan untuk menyehatkan tubuh Anda, termasuk:

1. Menurunkan kolesterol

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral. Buah juga dapat mengurangi kolesterol atau natrium dan mengandung sedikit lemak jenuh. Oleh karena itu, alpukat termasuk buah yang disukai.

2. Mengandung lebih banyak potasium daripada pisang

Kebanyakan orang mendapat lebih sedikit makanan dalam bentuk kalium. Alpukat mengandung banyak potasium.

Kandungan kalium dalam alpukat adalah 14 persen. Nilai ini lebih tinggi daripada pisang yang hanya mengandung 10 persen kalium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

3. Atasi kanker

Alpukat tidak mengandung lemak. Sebagian besar lemak dalam alpukat adalah asam oleat. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan dianggap bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Asam oleat telah terlibat dalam mengurangi peradangan dan telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang berhubungan dengan kanker.

4. Banyak serat

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya akan alpukat. Serat makanan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan berhubungan dengan risiko rendah dari banyak penyakit.

5. Asupan nutrisi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penambahan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan asupan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Ini memungkinkan alpukat untuk meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan. Ini mungkin alasan Anda untuk mempertimbangkan sumber lemak sehat saat makan sayur.

6. melindungi mata

Studi menunjukkan bahwa orang dengan risiko katarak dapat dikurangi secara drastis dengan makan alpukat. Karena itu, makan alpukat dalam jangka panjang bermanfaat bagi kesehatan mata Anda.

7. Kurangi stres

Manfaat alpukat dapat membantu mencegah tingkat homocysteine ​​yang berlebihan dalam tubuh. Terlalu banyak homocysteine ​​dapat menyebabkan stres.

8. Dapat membantu menurunkan berat badan

Ada bukti bahwa alpukat adalah makanan yang bisa menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat merasa 23% lebih jenuh dan 28% lebih cenderung makan 5 jam berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi buah.

Jika ini yang terjadi dalam jangka panjang, termasuk alpukat dalam diet Anda dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Alpukat juga tinggi serat dan rendah karbohidrat. Dua hal ini tentunya bisa berkurang.

9. Detoksifikasi tubuh

Manfaat alpukat sebenarnya dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Ini akan membantu Anda untuk menyingkirkan berbagai racun dalam tubuh. Setiap hari jus alpukat dimakan pasti membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Baca Juga :