Manfaat dan Khasiat buah sukun

Manfaat dan Khasiat buah sukunManfaat dan Khasiat buah sukun

SUKUN atau Breadfruit merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan sebagai makanan pengganti beras. Buah sukun memiliki tekstur daging buah yang mirip dengan roti, sehingga tidak mengherankan jika masyarakat di luar negeri sering menjadikannya sebagai pengganti roti. atau
Sukun adalah tumbuhan yang hidup di wilayah Pasifik Selatan dan dalam setiap tahunnya dapat
menghasilkan buah sampai 150 buah. Bahkan dalam satu musim buah sukun dapat menghasilkan sekitar
200 buah. Sebenarnya pohon ini berasal dari Polynesia dan sekarang sudah menyebar ke Malaysia, Sri langka dan di beberapa kepulauan pasifik lainnya salah satunya Indonesia. Buah sukun termasuk ke dalam genus Artocarpus dan dalam family Moaccea seperti pohon nangka dan pohon cempedak.

Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah kalori.
Buah sukun biasa dikonsumsi setelah terlebih dahulu diolah, baik dengan cara direbus, digoreng, atau dijadikan keripik. Buah ini sangat digemari oleh berbagai kalangan karena tekstur daging buahnya yang khas dan citarasanya yang cukup enak.
Dibanding bahan makanan lain, seperti ubi, ketela pohon, maupun kentang, buah sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi.

Bahkan kandungan karbohidrat pada buah sukun setara dengan kangungan karbohidrat yang terdapat pada beras. Kandungan kalori yang rendah menjadikan buah sukun sebagai makanan yang cocok untuk menu diet sehat. Memang, buah ini memiliki banyak keistimewaan,
Sukun memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Disamping itu, buah sukun juga mengandung beberapa zat fitokimia penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, vialin, histidine, serta tryptophan.
“Buah tinggi protein dapat digunakan untuk membuat makanan seperti pancake, keripik dan berbagai makanan olahan lainnya,” kata peneliti dari Hawaii’s National Tropical Botanical Garden (NTBG), Diane Ragone, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (9/7).

Bersama dengan Nyree Zerega dari Northwestern University di Chicago, Diane menelusuri kembali asal muasal buah ini dengan menggunakan analisis DNA untuk sukun Eve.
Sebagian besar buah diperiksa termasuk sidik jari tanaman yang disebut kluwih yang tumbuh di New Guinea. Kluwih ini dianggap sebagai nenek moyang dari sukun.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Nilai gizi buah ini termasuk cukup tinggi. Berikut kumpulan nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam sukun.
Karbohidrat
Protein
Serat
Lemak
Niacin
Folates
Pyridoxine
Thiamin
Riboflavin
Vitamin A
Vitamin E
Vitamin C
Vitamin K
Sodium
Kalsium
Kalium
Tembaga
Magnesium
Besi
Mangan
Selenium
Fosfor
Seng
Karoten-ß –
Lutein-zeaxanthin
Crypto-xanthin-ß
Khasiat Buah Sukun
Banyaknya kandungan gizi tersebut membuat sukun menyimpan berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan juga membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Inilah manfaat sukun untuk kesehatan.
1. Kaya kandungan serat
Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.
2. Kenyang lebih lama
Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.
3. Sumber omega 6 dan omega 3
Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.
4. Obat susah buang air besar
Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.
5. Makanan diet
Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda.
6. Bagus untuk kecantikan
Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

Sumber: https://desaingrafis.co.id/mengapa-startup-gagal/