materi sepa bola

 

Sepak bola adalah olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 anggota. Pada abad ke-21, olahraga ini telah dilakukan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, menjadi olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk memutuskan gol sebanyak mungkin dengan menggunakan bola di gawang lain. Sepak bola dilakukan di lapangan persegi panjang, dengan rumput atau rumput buatan.

Secara umum, hanya penjaga gawang yang memiliki hak untuk menyentuh bola dengan tangan atau lengan di tangannya, dan sepuluh pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh tubuh kecuali tangannya.

sejarah

Sejarah olahraga sepakbola berawal dari Tiongkok pada abad ke-2 dan ke-3 SM. Di Dinasti Han, orang menendang bola kulit ke jaring kecil dan menggiring bola, dan bahkan di Jepang, permainan yang mirip dengan Kemari dilakukan. Di Italia, permainan yang menendang dan membawa bola juga populer, terutama dari abad ke-16.
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat populer. Di beberapa acara, Edward Edward III akhirnya melarang olahraga ini pada 1365, karena banyak kekerasan terjadi selama pertandingan dalam permainan ini. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan sepakbola. Pada tahun 1815, karena perkembangan sepakbola yang luas menjadi terkenal karena lingkungan universitas dan sekolah. Pada tahun 1863, 11 sekolah dan klub berkumpul di Freemason Tavern, ketika aturan permainan modern diberlakukan, sepak bola modern lahir. Pada saat yang sama, ada perbedaan yang jelas antara rugby dan sepak bola (soccer), dan pada tahun 1869 memegang bola dengan tangan mulai dilarang oleh sepakbola. Pada 1800-an, olahraga ini dibawa ke berbagai belahan dunia oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris. Pada tahun 1904, Perhimpunan Asosiasi Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dibentuk, dan berbagai kompetisi diadakan di berbagai negara pada awal 1900-an.

Posisi pemain

Penjaga gawang sepakbola.
Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari satu penjaga gawang, dua hingga empat pemain bertahan, (bek penuh), pemain tengah dua hingga empat, dan satu lawan empat penyerang. Kiper adalah satu-satunya pemain yang bisa menggunakan tangannya untuk mempertahankan gawang dari serangan lawan. Umumnya, kiper memakai pakaian berbeda dari pemain lain. Tugas utama bek adalah mencegah serangan lawan. Gelandang biasanya terdiri dari gelandang serang untuk bermain di dekat penyerang dan gelandang bertahan bermain di dekat bek. Tugas utama penyerang adalah memberi skor pada gawang lawan.
Posisi dasar pemain dapat diubah ke berbagai pola dan taktik permainan. Beberapa pola pemain yang sering digunakan di berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1 (intensitas terletak di tengah lapangan), dan 4-3-3 (organisasi klasik dari 1970). Ini sering digunakan dalam sistem sepakbola total.

 

Lapangan sepak bola

Untuk pertandingan internasional dewasa, stadion sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang mulai dari 100 – 120 meter hingga 65 – 75 meter. Di tengah kedua ujung lapangan ada daerah tujuan persegi panjang 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Ada area penalti 16,5 meter dari gawang di depan gawang. Area ini adalah batas di mana Anda bisa menilai apakah penjaga merebut bola dengan tangan dan pelanggaran menerima penalti tendangan penalti.

Panjang game
Waktu pertandingan sepakbola reguler adalah 2 x 45 menit, di mana ada istirahat 15 menit. Jika posisinya sama dengan undian, perpanjangan 2 x 15 menit disimpan sampai pemenang diperoleh, tetapi jika kuat, tembakan penalti akan dipertahankan. Wasit dapat memutuskan berapa banyak waktu tambahan pada akhir setiap putaran, alih-alih waktu yang hilang karena pergantian, cedera yang membutuhkan penyelamatan, atau penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut injury time atau down time.
Skor panjang akan dihitung sebagai skor akhir untuk pertandingan, tetapi gol dari penalti hanya akan menentukan apakah tim dapat melanjutkan ke pertandingan berikutnya (itu tidak mempengaruhi skor akhir). Menerapkan sistem Sasaran Emas (gol Silver) atau gol Silver (gol Silver) untuk menyelesaikan permainan. ] Dalam sistem Sasaran Emas, tim yang mencetak gol untuk pertama kalinya dalam waktu lama menjadi pemenang dan tim memimpin dalam gol perak

Sumber : https://suhupendidikan.com/