Mencegah flu selama puasa

Perubahan iklim yang ekstrem dan tidak teratur membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit, terutama flu. Flu mudah menyerang ketika sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun. Dampaknya bukan hanya memengaruhi nafsu makan, tetapi flu membuat tubuh terasa lemas dan buram. Apalagi jika Anda sedang berpuasa, jelas ini akan membuat tubuh Anda semakin tak berdaya.

Mencegah flu saat puasa

Karena itu, pertimbangkan sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah flu selama puasa berikutnya.

1. Penuhi asupan nutrisi saat sahur dan berbuka puasa

Saat Anda berpuasa, Anda perlu mengontrol asupan nutrisi dan vitamin dalam makanan saat mereka cepat berbuka dan subuh. Terutama vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari flu dengan flu selama puasa seperti vitamin A, C, E dan seng.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa adalah ubi jalar, salmon, daging tanpa lemak; ayam dan sapi, yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sebagainya. Anda juga dapat membuat campuran jahe, lemon, madu, dan kayu manis yang dapat dikonsumsi ketika mereka cepat rusak untuk mencegah dan mengobati flu selama puasa.
2. Minumlah air yang cukup

Selama berpuasa, banyak orang cenderung memilih makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dibandingkan dengan air. Inilah yang membuat orang yang berpuasa mudah mengalami dehidrasi. Karena itu, Anda harus berusaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih saat sahur dan menghancurkan Anda dengan cepat.
3. Minumlah suplemen tambahan

Ada beberapa orang yang mengalami kesulitan memuaskan asupan gizi dan vitamin selama puasa karena kesulitan dalam mengendalikan asupan makanan. Jika ini masalahnya, Anda dapat mengambil suplemen tambahan yang dikonsumsi ketika mereka cepat rusak dan subuh.

Pastikan bahwa suplemen yang Anda konsumsi mengandung vitamin C dan seng yang dibutuhkan tubuh Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit.
4. Menggunakan topeng

Virus yang menyebabkan flu menyebar dengan mudah di tempat-tempat umum yang ramai, terutama pada siang hari dan panas. Jika Anda benar-benar perlu berada di tempat yang ramai, lindungi diri Anda menggunakan topeng saat berada di tempat umum. Jangan lupa juga menggunakan pembersih tangan untuk mencegah infeksi kuman dan bakteri setelah menghubungi orang lain dan fasilitas umum.
5. Cuci tangan Anda dengan rajin

Meskipun kelihatannya sederhana, mencuci tangan memiliki manfaat kesehatan. Jika dilakukan secara teratur setiap kali sebelum makan, ketika pergi ke kamar mandi, atau ketika atau setelah melakukan sesuatu, telah terbukti bahwa hal itu dapat mengurangi risiko infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk influenza dan flu.

Jadi, mulai sekarang, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan lakukan itu dengan mengikuti instruksi untuk mencuci tangan yang benar. Selain mencuci tangan, Anda harus tetap membersihkan di rumah atau di kantor untuk menghindari risiko pertumbuhan bakteri.
6. Olahraga

Berpuasa bukanlah halangan untuk aktivitas fisik seperti olahraga. Selain membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit saat puasa,

Anda dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, bersepeda, yoga atau naik turun tangga. Waktu yang ideal untuk berlatih adalah satu jam sebelum berhenti puasa, tetapi waktu latihan ini tergantung pada ketahanan masing-masing tubuh individu, yang terpenting setelah melakukan latihan Anda tidak merasa lemas, pusing atau pingsan.

baca juga :