Minta Disdik Masifkan Program Bank Sampah

Minta Disdik Masifkan Program Bank Sampah

 

Masjid Nurul Fadilah Kampung Lemah Dulur

Seusai melaksanakan ibadah sholat Jumat dengan warga di Masjid Nurul Fadilah Kampung Lemah Dulur, Kelurahan Mulyaharja, Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Kegiatan Pos Pandai (Pusat Olah Sampah) Berbasis Teknologi Menuju Bogor Bersih Sampah 2020 yang digagas Forum Komunitas Bersih Hijau di jalan Graha Bogor Indah Blok I No.  06, Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Jumat (10/03/17).

Saat meninjau, Bima melihat langsung proses penimbangan sampah plastik yang dibawa masyarakat, bahkan Bima menyempatkan diri berbincang dengan dua anak SD asal RT. 4  RW. 8 Kampung Patas, Hibban Syafie Rosidi dan Novan Yuliatama yang kebetulan sedang  menyetorkan sampah untuk ditimbang di Bank Sampah

Menurut Bima, seharusnya kegiatan seperti ini disosialisasikan ke sekolah lebih massif dan kemudian dipantau hingga berkelanjutan. “Jadi kedepannya harus lebih dikoordinasikan lagi dengan Dinas Pendidikan,” kata Bima yang  didampingi Camat Bogor Selatan, Sudjatmiko Baliarto dan Lurah Rangga Mekar, Ahmad Royadi.

Ketua Pos Pandai sekaligus Ketua Bank Sampah Rangga Mekar

Sandi Adam menjelaskan, nantinya sampah yang ada nantinya disetor kepada pengepul terdekat. Selain itu, Sandi juga menyampaikan keluhannya kepada Wali Kota Bogor terkait kondisi Pos Pandai yang  memerlukan penanganan dan perbaikan. “Saya mengharapkan adanya bantuan untuk infrastruktur dari CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan,” jelasnya.

Kepala Bidang

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencegahan Lingkungan Air, Udara, Lahan  Limbah dan B3 Konservasi dan Perubahan Iklim pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Dian Herdiawan mengatakan agar Bank Sampah di Kota Bogor menggeliat, kedepannya akan diadakan  Rapat Koordinasi (Rakor) Bank Sampah, hal ini dimaksudkan agar disetiap RW memiliki  Bank Sampah. Tujuannya adalah dalam rangka mengurangi sampah dari sumbernya.

Turut hadir dalam kegiatan peninjauan, perwakilan Biznet Bogor yang berencana akan  memberikan dukungan keberadaan program Pos Pandai Rangga Mekar.  “Kapan bantuannya sendiri kami menunggu dari pihak Pos Pandai, apa yang dibutuhkan,” kata  Brand Supervisor Biznet Bogor, M. Reza Ferasep.

Salah satu warga Rt. 2 Rw. 9 Kampung Mekar Jaya

Kelurahan Rangga Mekar, Onah Maryanah mengaku kurang lebih  selama empat bulan telah menjadi nasabah Bank Sampah. Ia juga mengajak anaknya, Dini siswi kelas V SD Pamoyanan 3menjadi “nasabah” Bank Sampah, bahkan di sekolahnya  terbiasa memungut sampah yang ditemuinya selama pulang pergi ke sekolah.  “Jadi untuk sampah yang kotor dan bernilai dicuci dulu, baru disetorkan ke Bank Sampah,” terangnya.

Artikel terkait :