Organisasi-Organisasi Sebelum ASEAN

Organisasi-Organisasi Sebelum ASEAN

Organisasi-Organisasi Sebelum ASEAN
Organisasi-Organisasi Sebelum ASEAN

1. NATO

Pada masa lalu, negara-negara di dunia terbagi menjadi dua blok yaitu Barat dan Timur. Blok Barat membentuk organisasi North Atlantic Treaty Organization (NATO). Adapun Blok Timur mendirikan organisasi Pakta Warsawa.

2.SEATO

Beberapa negara yang tergabung dalam blok Barat dan di Asia mendirikan sebuah organisasi South-East Asia Treaty Organization (SEATO). Adapun negara-negara anggotanya yaitu Australia., Inggris, Prancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, dan Amerika Serikat. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 September 1954. Organisasi ini didirikan untuk menjalin kerjasama dalam segala bidang pertahanan dan keamanan.

3. ASA

Pada tahun 1961 organisasi Association South-east Asia (ASA). ASA didirikan oleh tiga negara yaitu Thailand, Filipina, dan Malaya (sekarang Malaysia). Tujuannya menjalin kerjasama dalam bidang sosial dan kebudayaan. Organisasi ini juga berusaha mengajak Indonesia untuk bergabung, namun Presiden Soekarno menolak tawaran tersebut. ASA ternyata tidak dapat berjalan lancar. Hal tersebut dikarenakan adanya perseteruan antara Malaysia dan Filipina. Filipina mengklaim bahwa Sabah ( negara bagian Malaysia) adalah termasuk wilayahnya.

4. MAPHILINDO

Selanjutnya, pada tahun 1963 organisasi Maphilindo didirikan oleh Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Organisasi ini pun tidak berjalan lancar karena terjadi perseteruan antara Indonesia dengan Malaysia karena Indonesia menganggap Malaysia sebagai negara boneka bentukan Inggris. Menghadapi hal tersebut, akhirnya muncul kembali ide untuk menghidupkan kembali ASA. Namun, Indonesia tetap menolak untuk bergabung dididalamnya.
Baca Artikel Lainnya: