PELANGGARAM HAM SKALA NASIONAL

PELANGGARAM HAM SKALA NASIONAL

PELANGGARAM HAM SKALA NASIONAL

Pelanggaran HAM juga pernah tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia. Pelanggaran HAM tersebut dijadikan pelajaran, agar generasi berikutnya tidak mengulangi lagi. Ada beberapa kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia. Beberapa kasus tersebut dapat disimak sebagai berikut.

1. KASUS PELANGGARAN HAM DI TANJUNG PRIOK

Pada tahun 1984 silam, di Jakarta Utara pernah terjadi kasus kerusuhan terhadap para demonstrasi. Kerusuhan tersebut melibatkan para warga, kepolisian, dan TNI. Ada banyak warga yang tewas dan juga mengalami luka.

Akibat kerusuhan tersebut, beberapa oknum polisi dan TNI diadili dengan dakwaan pelanggaran HAM. Kasus tersebut terjadi pada saat masa Orde Baru.

2. KASUS PELANGGARAN HAM MARSINAH

Marsinah merupaka seorang pegawai yang bekerja di PT. Catur Putra Surya (CPS) yang terletak di Jawa Timur. Pada saat itu, Marsinah beserta dengan temna-temannya melakukan demo unjuk rasa yang menuntut kenaikan upah.

Kasus tersebut terjadi pada tahun 1993. Keadaan demo tersebut semakin memanas, sehingga suatu saat Marsinah hilang dan tidak diketahui oleh teman-temannya. Saat ditemukan, Marsinah sudah tidak bernyawa dan jenazahnya ditemukan di hutan Dusun Jegong.

Pada jenazahnya, terdapat berbagai macam luka bekas penyiksaan. Kemudian, jenazahnya dilakukan proses otopsi. Ternyata, beliau memang mendapatkan kasus penyiksaan dan penganiayaan yang berat dan meninggal akibat luka berat.

3. KASUS PERISTIWA ACEH 1990

Pada tahun 1990 silam, sekelompok oknum menginginkan Aceh untuk merdeka atau memisahkan diri dari Indonesia. Kasus tersebut ditenggarai akibat adanya unsur politik. Pada kerusuhan tersebut terjadi banyak korban, baik dari pihak apparat maupun para warga sipil yang tidak berdosa.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/