Pencarian Informasi di Internet

Pencarian Informasi di Internet

Pencarian Informasi di Internet
Pencarian Informasi di Internet
Sistem pelayanan informasi pada jaringan Internet sebagian besar bekerja dengan konsep client server, misalnya adalah pencarian informasi. Server  akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh client, kemudian hasil informasinya  akan dikirimkan kepada client. Layanan aplikasi Internet untuk mencari informasi yaitu:
World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) bekerja menggunakan teknologi yang disebut dengan hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP(Hyper Text Transfer Protocol). Dengan menggunakan WWW, pengaksesan dapat beragam sumber informasi di Internet misalnya gopher dan ftp. Dengan teknologi hypertext akan menggabungkan beberapa jenis representasi dan menyajikan dalam beragam bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video, dan sebagainya.
Search Engine
merupakan suatu website yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi beberapa search engine mempunyai pendekatan teknik searching yang berbeda.
Contohnya: google, yahoo, lycos, altavista,dll.
Portal
Salah satu fasilitas yang ada di web yang bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi di internet adalah portal. Portal adalah suatu layanan web yang juga mempunyai database yang sangat banyak mengenai informasi dan di dalamnya terdapat berbagai macam berita-berita up to date.
Contohnya: iklan baris, onklik, astaga, eramuslim, detik.