Pengertian Adverb of Degree Enough Serta Penggunaan Dan Contohnya

Pengertian Adverb of Degree Enough Serta Penggunaan Dan Contohnya

 

Pengertian Adverb of Degree Enough Serta Penggunaan Dan Contohnya

Dalam adverb of degree ada bebrapa diantaranya spesial misalnya too, enough, very, dan so. Pada postingan sebelumnya kita sudah menyelesaikan pembahasan mengenai adverb of degree too. Oke kembali ke topik utama yaitu adverb of degree enough. Lebih detailnya, simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Adverb of Degree Enough

Enough jika diartikan dalam kamus bahasa indonesia adalah cukup, benar-benar(enough pada kelas kata adverbial). Adverb Enough dapat digunakan untuk menunjukkan “sampai batas yang dibutuhkan” , dan berfungsi menjelaskan adjective atau adverb dalam kalimat. Enough ditempatkan setelah adjective atau adverb pada posisi object of sentence dalamkalimat. Enough juga dapat difungsikan menjadi adverb dan determiner.

Penggunaan Adverb of Degree Enough

Dalam penggunaannya enough dapat diletakkan sesudah adjective atau adverb pada posisi object of sentence dalamkalimat. Dan enough juga bisa dikombinasikan dengan infinitive dan diikuti oleh “for something atau somebody”. Untul lebih jelasnya mengenai penggunaan adverb of degree enough silahkan lihat tabel dibawah ini.

Enough Sebagai Determiner

Enough juga bisa difungsikan sebagai determiner yang dimana memiliki makna “sebanyak / sebanyak yang diperlukan”. Dan Jika enough difungsikan sebagai determiner maka dia akan memodifikasi atau menjelaskan noun. Namun enough hanya bisa digunakan untuk memodifikasi countable noun dalam bentuk plural dan uncountable noun. Untuk peletakkannya, enough tidak diletakkan setelah object of sentence, melainkan diletakkan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh kalimat enough sebagai adverb dan determiner berikut ini.

Enough sebagai determiner

He brings enough food. (Enough sebagai determiner yang menjelaskan food; dan food adalah uncountable noun).
I do not have enough books as my reference to write my thesis. (Enough menjelaskan book(s); dan book(s) adalah irregular countable noun dalam bentuk plural).

Enough sebagai Adverb

He brings food delicious enough.(Enough sebagai adverb menjelaskan adjective delicious)
I do not have books good enough as my references to write my thesis. .(Enough sebagai adverb menjelaskan adjective good).
Nah itulah tadi pembahasan menganai adverb of degree enough dengan disertai beberapa contoh kalimatnya. Silahkan tulis komentar jika ada yang kurang paham dengan materi yang di sampaikan di atas.

Table of Content:

1. Pengertian Adverb of Dergree(Introduction)
2. Enough
3. Very
4. Too