Pengertian dan Rumus Gaya Beserta Contoh Soal

Rumus gaya dan percepatan fisika : percepatan bisa positif dan negatif. Jika nilai akselerasi positif, ini menunjukkan bahwa kecepatan objek mengalami akselerasi positif meningkat (akselerasi). Sebaliknya, jika negatif, ini menunjukkan bahwa kecepatan objek menurun (menurun). Contoh akselerasi positif adalah: jatuhnya buah pohon yang terkena gravitasi. Sedangkan contoh akselerasi negatif adalah: proses pengereman mobil.

Table of Contents

Pengertian Gaya

Dalam fisika, Anda memberi energi ke meja. Gaya ini disalurkan melalui stimulus yang Anda berikan, sehingga objek bergerak dari tempat asalnya. Itulah yang disebut bisnis dalam fisika.

Dari pernyataan sebelumnya, jika Anda melakukan hal yang sama dengan dinding dan dinding tidak bergerak, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa gaya yang Anda berikan dinding tidak menghasilkan usaha. Karena itu, bisnis sangat dipengaruhi oleh gaya (stimulus atau daya tarik). Juga, dengan contoh kedua (seperti gif berikutnya), pergerakan suatu objek juga memengaruhi bisnis.

Hukum Newton Saya mengatakan: “Sebuah objek yang dalam keadaan diam akan mempertahankan negaranya untuk tetap diam dan sebuah objek yang bergerak dalam urutan yang teratur akan cenderung mempertahankan negaranya untuk bergerak dalam urutan teratur ke arah yang sama selalu bahwa tidak ada kekuatan yang berlaku padanya. “

Hukum Kedua Newton mengatakan: “Percepatan benda yang diberikan sebuah gaya sebanding dengan besarnya kekuatan dan berbanding terbalik dengan massa objek”

Rumus Gaya

Dalam bentuk hukum kedua Newton, rumusnya dapat ditulis:

F = m. a

Katerangan:
F = gaya (N)
m = massa benda (kg)
a = percepatan objek (m / s2)

Masalah COntoh :
Mobil memiliki massa 3.000 kg. Dari titik berhenti, mulai bergerak setelah 12 detik, kecepatan mobil mencapai 6 m / detik. Hitung gaya yang bekerja di mobil!

Penyelesaian:
Diketahui: m = 3 000 kg
vo = 0 m / s
vt = 6 m / dtk
t = 12 dtk

Ditanya: F = ……?

Jawaban: Mencari percepatan (a)

Δv
a = ———
Δt

(6 – 0) m / dtk
a = —————
(12 – 0) s

a = 0,5 m / s2
Mencari gaya (F)
F = m. Sebuah
F = 3.000 kg. 0,5 m / s2
F = 1 500 N

Jadi gaya yang bekerja pada mobil adalah 1 500 N.

Itulah beberapa pengertian gaya menurut para ahli beserta rumus dari gaya tersebut beserta contoh soal, atau bisa juga kunjungi https://rumusrumus.com untuk menemukan contoh soal yang lain.