Pengertian kulit dan Bagian Bagianya

Pengertian kulit

Kulit adalah organ dalam bentuk lapisan terluar atau jaringan yang membungkus dan melindungi dan melindungi tubuh. Kadang-kadang disebut lambung (Latin, lambung, integer berarti penutupan). Uniknya, kulit adalah organ terbesar manusia. Luas kulit orang dewasa adalah sekitar 2 m 2 dan sekitar 16% dari berat.

Kulit juga sangat kompleks, elastis dan sensitif, tergantung pada iklim, usia, jenis kelamin, ras dan lokasi tubuh. Kulit dengan ketebalan rata-rata 1 hingga 2 cm. Paling tebal sekitar 6 mm di telapak tangan dan kaki, dan yang paling tipis sekitar 0,5 mm di kulit kelamin. Kulit adalah komponen terbesar sistem kekebalan tubuh, kunci sistem saraf dan endoktrin, dan sebagai respons terhadap sinar matahari yang tidak menghasilkan vitamin, berbagai kelainan fisiologis yang tidak diinginkan dapat terjadi. .

Sekitar 2 hingga 3 juta sel kulit dilepaskan setiap hari. Perubahan ini diperlukan karena kulit adalah organ yang sangat sensitif terhadap cedera, suhu, infeksi, dan dehidrasi. Sebagai garis terluar, kulit memiliki kemampuan untuk menyerap bahan yang diaplikasikan dan menetralisirnya.

Di bidang dermatologis, kulit dipelajari bersama dengan kuku dan rambut. Karena berhubungan dengan asal embrionik, memiliki sifat yang sama (misalnya pertumbuhan, fungsi) dan dipengaruhi oleh penyakit yang sama (infeksi jamur, psoriasis).

Kulit sebagai organ lain dalam tubuh berkembang seiring bertambahnya usia. Pada usia yang sangat muda, kulit belum matang dan fungsinya belum sepenuhnya berkembang (panas, dehidrasi, respons terhadap rangsangan imunologis seperti infeksi). Di usia tua, kulit terdegradasi secara anatomis dan fisiologis (suhu tubuh, trauma, respons terhadap bahan kimia).

Karena kulit sangat erat kaitannya dengan mekanisme mental manusia, itu bisa menjadi cermin emosinya.

Fungsi kulit

Kulit bukan hanya pelengkap tetapi juga organ terpenting tubuh manusia. Tentu saja kulit dianggap penting karena pekerjaannya sangat berpengaruh pada kemampuan fisik. Untuk lebih memahami, mari kita simak pembahasan fitur kulit di bawah ini satu per satu di bawah ini.

Kulit sebagai organ pengatur suhu

Sekalipun suhu lingkungan berubah, suhu tubuh manusia cenderung dipertahankan, dan sedikit berubah. Ini terjadi karena penyesuaian antara panas yang hilang dan panas yang dihasilkan disesuaikan oleh pusat penyesuaian panas. Pusat kontrol suhu ini segera menyadari bahwa ada perubahan suhu tubuh akibat suhu darah yang mengalir melalui medula.
Panas dilepaskan dari kulit dengan berbagai cara, sebagai berikut:

Penguapan saat jumlah keringat tergantung pada jumlah darah yang mengalir melalui pembuluh darah kulit.
Panas dipindahkan ke udara di sekitarnya.
Pengurangan, panas ditransmisikan untuk menyentuh benda-benda seperti pakaian
Konveksi, aliran udara yang dipanaskan, dan kemudian udara yang menyentuh permukaan tubuh digantikan oleh udara yang lebih dingin.

Kulit sebagai sentuhan
Sensasi taktil yang disebabkan oleh stimulasi ujung saraf di kulit berbeda tergantung pada akhir saraf yang distimulasi. Perasaan panas, dingin, sakit dan semua emosi yang berbeda ini. Di dalam kulit ada tempat khusus, yaitu tempat untuk disentuh, beberapa tempat sensitif terhadap dingin, panas atau sakit.

3. Kulit sebagai tempat penyimpanan

Kulit dan jaringan di bawahnya berfungsi sebagai reservoir air, dan jaringan lemak di bawah kulit adalah area penyimpanan lemak utama dalam tubuh.

4. Kulit sebagai pelindung

Kulit relatif tembus dalam arti bahwa ia menghindari hilangnya cairan dari jaringan dan, misalnya, mencegah masuknya air ke dalam jaringan ketika tubuh terendam. Epidermis mencegah kerusakan pada struktur yang mendasarinya dan rasa sakit berkurang jika ujung saraf sensorik di dermis tertutup. Jika epidermis rusak, misalnya dengan membakar 3 kali, bagian pelindung ini menghilang dan semua bagian yang terbakar menjadi menyakitkan ketika disentuh, yang mengakibatkan hilangnya cairan dan elektrolit. Lebih buruk lagi. Ini juga melindungi terhadap radiasi UV yang dipancarkan oleh matahari.

Sumber : https://materibelajar.co.id/