Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Memahami negara menurut para ahli – Apa yang dimaksud dengan negara? Secara umum, definisi suatu negara dapat dipenuhi jika ada warga negara, pemerintah, wilayah dan pengakuan. Meski demikian, makna negara bisa lebih luas. Apa definisi negara secara umum?

Menurut definisi, negara tidak hanya berarti area yang ditempati. Definisi tersebut berisi hal-hal lain. Selain itu, ada fungsi dan tujuan negara, seperti penciptaan keamanan dan ketertiban bagi warga negaranya atau perlindungan hak asasi manusia warga negara.

Suatu negara dapat dibentuk jika memenuhi persyaratan untuk suatu negara. Unsur-unsur negara yang harus ada termasuk warga negara, pemerintahan berdaulat, wilayah dan pengakuan dari negara lain. Ini harus ada di satu negara.

Ada banyak negara di dunia saat ini. Saat ini kami tinggal di Indonesia. Contoh negara lain di dunia termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Arab Saudi, Australia, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Prancis, Amerika Serikat, Kanada, dan lainnya.

Definisi negara dijelaskan di bawah ini, baik makna umum menurut KBBI maupun definisi menurut para ahli.

Pemahaman negara secara umum

Definisi negara secara umum adalah sekelompok orang yang menduduki wilayah tertentu dan diorganisir oleh pemerintah negara bagian yang sah yang umumnya memiliki kedaulatan.

Pentingnya negara untuk KBBI

Definisi negara menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah organisasi dalam domain dengan otoritas tertinggi, yang sah dan diikuti oleh rakyat.

Definisi suatu negara juga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang menempati wilayah atau wilayah tertentu yang diorganisir di bawah lembaga politik dan pemerintahan yang efektif, memiliki kesatuan politik, berdaulat, sehingga memiliki hak atas tujuan nasionalnya. menentukan

Pemahaman negara menurut pendapat ahli

Berikut ini adalah kumpulan pemahaman negara untuk para ahli dan penjelasannya, baik pakar domestik maupun pakar asing.

Menurut Aristoteles

Pemahaman negara tentang Aristoteles adalah kemitraan keluarga dan desa untuk mencapai yang terbaik dalam kehidupan.

Menurut Plato

Definisi negara menurut Plato adalah organisasi kekuatan manusia dan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Max Weber

Definisi negara menurut Max Weber adalah masyarakat dengan kekuatan monopoli dominan di bidang-bidang tertentu.

Menurut John Locke

Definisi negara setelah John Locke adalah perusahaan atau organisasi yang dihasilkan dari perjanjian yang dibuat oleh masyarakat.

Menurut Karl Marx

Definisi negara menurut Karl Marx adalah alat kelas penguasa untuk menekan atau mengeksploitasi kelas lain.

Prof. Mirian Bujiardjo

Pentingnya negara adalah organisasi di bidang tertentu yang dapat memaksakan kekuasaan yang sah pada semua kelompok kekuasaan lain yang dapat mewujudkan tujuan hidup berdampingan masyarakat. Artinya, negara adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah tertentu dan dikelola oleh pemerintah negara bagian yang kompeten, yang umumnya memiliki kedaulatan.

Menurut Mac Iver

Makna negara, menurut Mac Iver, adalah jembatan yang beroperasi melalui hukum yang diterapkan oleh pemerintah, diberkahi dengan kekuatan untuk mempertahankan kondisi kelahiran umum tatanan sosial dalam kehidupan yang terbatas secara teritorial.

Menurut Ibnu Chaldun

Menurut Ibn Chaldun, definisi negara pada umumnya adalah masyarakat yang memiliki otoritas dan kekuasaan.

Roger F. Soleau

Menurut Roger F. Soleau, makna negara adalah sarana atau bisa disebut otoritas yang mengendalikan dan mengatur masalah umum dalam kehidupan masyarakat.

Setelah Hugo de Groot (Grotius)

Menurut Hugo de Groot, definisi negara adalah ikatan manusia yang mempertanyakan makna dan panggilan hukum kodrat

Menurut Dr. W.L.G. Lemaire

Berdasarkan Dr. W.L.G. Lemaire, makna negara, muncul sebagai masyarakat manusia teritorial yang terorganisir.

Sumber : ilmu belajar

Baca Juga :