Pengertian Norma Sosial

Pengertian Norma Sosial

Pengertian Norma Sosial

Norma sosial adalah

kebiasaan publik yang menjadi patokan ulah dalam suatu kelompok penduduk dan batasan wilayah terpilih. Norma akan berkembang bertepatan dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakatnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma menyangkut perilaku-perilaku yang pantas diterapkan dalam menjalani interaksi sosialnya.

Norma sosial yaitu merupakan seperangkat aturan yang digunakan oleh masyarakat, sebagai pedoman untuk bersikap, perperasaaan, berpikir, maupun bertindak serta patokan prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Norma sosial akan berfungsi dengan baik apabila norma itu sudah melembaga (institutionalized) dalam diri masyarakatnya dan disertai dengan syarat-syarat:

  1. Diketahui oleh masyarakat
  2. Dipahami dan dimengerti
  3. Dihargai
  4. Ditaati dan dilaksanakan

Keberadaan norma dalam penduduk bersifat memaksa individu / suatu kelompok agar bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah terbentuk. Dalam dasarnya, norma disusun agar hubungan di antara orang dalam masyarakat dapat berjalan tertib sebagaimana yang diminta.


Norma merupakan hasil buatan manusia sebagai makhluk sosial. Pada awalnya, aturan di sini. dibentuk secara tidak terencana. Lama-kelamaan norma-norma itu disusun atau dibentuk secara paham. Norma dalam masyarakat berisis tata tertib, aturan, serta petunjuk standar perilaku yang pantas atau wajar.


Fungsi Norma Sosial

Norma memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa fungsi norma tersebut antara lain meliputi :

  1. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku
  2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat
  3. Membantu dalam mencapai tujuan bersama
  4. Menjadi dasar dalam memberi sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma

Sumber: https://susukefir.co.id/cut-the-rope-gold-apk/