Penyebab Sulitnya Jual Mobil Bekas Ditengah Pandemi Corona

Penjualan mobil bekas di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) anjlok. Permintaan mobil second dari konsumen turun drastis. Outlet offline penjualan mobil bekas di Indonesia diantaranya Mobil88 dan platform online jual beli mobil bekas di Indonesia yakni seva.id.

“Masuk bulan Maret tersebut turun kita dikomparasikan Februari. Maret tersebut turun 30 persen dibanding Februari. Nah masuk ke April turunnya lebih dalam lagi jadi anda baru tutup bulan April, ini kan penghujung bulan april ya, turunnya dibanding Maret hitungan sedangkan lah sebab masih direkap, kira-kira 70 persen turunnya dikomparasikan Maret,” kata Halomoan Fischer, President Director Mobil88, dalam peluang tanya-jawab santai bareng wartawan melewati video conference.

Setidaknya menurut keterangan dari Fischer terdapat empat penyebab yang menciptakan menjual mobil bekas lumayan sulit di tengah pandemi virus Corona. Yang kesatu sebab masalah pembatasan sosial sampai-sampai konsumen tidak bisa berangjangsana ke showroom dan melihat situasi mobil bekasnya.

“Terus kedua juga sehubungan dengan pembatasan tersebut kebutuhan bakal mobil kan turun ya. Contohnya dekat Lebaran, awalnya kan perlu mobil bikin mudik, namun mudik dilarang, udah tentu orang yang perlu mobil bikin Lebaran udah turun (berkurang),” kata Fischer.

Penyebab ketiga turunnya permintaan mobil bekas ialah karena tidak sedikit bisnis atau kondisi ekonomi yang melambat. Hal itu bersangkutan dengan daya beli masyarakat sampai-sampai pembeli mobil bekas juga berkurang.

“Yang keempat yang menciptakan demand turun, sokongan dari lembaga pembiayaan, ketika ini sokongan lembaga pembiayaan paling minim. Saya dapat mengerti ya sebab kan mereka konsolidasi ke dalam jadi mereka nggak agresif lagi jualan, namun konsolidasi ke dalam bagaimana menyelamatkan customer-customer dia yang telah dalam masa pembiayaan,” ujarnya.

Permintaan mobil bekas dari konsumen memang turun. Tapi, menurut keterangan dari Fischer, orang yang hendak menjual mobil bekas ke Mobil88 justeru naik selama 15%. Hal itulah yang menciptakan harga mobil bekas menjadi anjlok.

Sumber: