PERANTI KERAS

PERANTI KERAS

Komputer memiliki bermacam-macam kecepatan dan harga namun semua memiliki fitur-fitur yang umum. Fitur-fitur yang menjadi perhatian ialah prosesor, memori, kapasitas penympanan dan alat input dan output. Semua komputer untuk tujuan umum memiliki jenis-jenis komponen yang sama yakni komponen-komponen yang lebih besar memiliki komponen yang lebih banyak dan lebih cepat daripada komputer micro.

Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut sebagai komputer mainframe atau mainframe yang mendukung ratusan atau ribuan pengguna dan operasi seccara langsung. Komputer micro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang dan disebut sebagai komputer pribadi atau personal computer (PC). Dewasa ini kekuatan komputer micro telah berkembang dan tersambung dengan komputer lain melalui internet namun sering disebut sebagai PC karena sering digunakan oleh satu orang yang melakukan tugas komputer dalam jumlah terbatas.

Tabel komponen-komponen Utama Komputer

Komponen Uraian
Prosesor (CPU) Mengendalikan kalkulasi, mengendalikan perbandingan secara logis, mengarahkan dan mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam komputer.
Memori (random access memory atau ruang penyimpanan primer) Memori yang terletak pada papa sirkuit utama komputer yang disebut motherboard. Data dalam memori akan hilang jika daya untuk komputer dimatikan.
Ruang penyimpanan (ruang penyimpanan disk atau ruang penyimpanan sekunder) Memori yang terletak pada suatu alat yang tidak terdapat pada papan sirkuit utama. Kebanyakan jenis penyimpanan ini dapat dilepaskan dan dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain. Data yang disimpan tidak akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Alat penyimpanan yang umum ialah floppy dick  atau CD.
Alat input (input device) Suatu alat yang menagkap data oleh metode manual atau elektronik dan mengirimkan data ke ruang penyimpanan atau memori. Alat input yang umum ialah keyboard, mouse dan pemindai.
Alat Output (output device) Suatu alat yang menyajikan dan/atau mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat output yang umum ialah monitor, komputer, printer, CD dan pengeras suara.
Alat input/output (input/output device) Suatau alat yang dapat melakukan fungsi input maupun output, contohnya, monitor layar sentuh dan disk penyimpanan seperti floppy disk, Zip disk dan CD yang dapat diisi ulang.

            PROSESOR

Prosesor atau disebut juga sebagai unit pemrosesan pusat atau central processing unit – CPU ialah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Sebuah prosesor seperti Pentium Extreme Edition dari Intel mengendalikan kalkulasi dan perbandingan data secara logis dan juga mengarahkan dan mengendalikan pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam komputer. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi.

Sumber: https://carbomark.org/