Perbedaan Asma Dan COPD

Apa perbedaan antara asma dan COPD?

Asma dan COPD memiliki gejala serupa. Bahkan jika itu serupa, itu tidak berarti bahwa Anda dapat meringankan gejala dengan memberikan perawatan yang sama. Anda masih harus mengetahui perbedaan antara asma dan COPD karena ada beberapa perbedaan dalam perawatan kedua kondisi ini.

Beberapa perbedaan pada asma dan COPD yang dapat membantu Anda mengenali kedua penyakit tersebut adalah sebagai berikut.

usia

Kedua penyakit ini memiliki gangguan pada saluran napas, yaitu saluran pernapasan yang sempit. Kelainan ini akan menyebabkan gejala sesak napas atau mengi. Usia onset gejala-gejala ini sering menjadi indikator perbedaan pada asma dan COPD.

Umumnya, asma biasanya dapat didiagnosis sejak mereka masih anak-anak, mengutip Dr. Neil Schachter, direktur medis dari departemen terapi pernapasan di Mount Sinai Hospital di New York. Sebaliknya, menurut NIH, kurangnya nafas yang tidak hilang yang muncul pada orang dewasa di atas usia 40 tahun mungkin menjadi tanda COPD. Apalagi jika orang itu perokok aktif atau mantan perokok.

Faktor pengambilan gambar

Karena kedua penyakit ini berbeda, faktor-faktor yang memicu kedua penyakit ini muncul dan biasanya memperburuk penyakit lain juga. Kondisi asma biasanya memburuk ketika penderitanya terkena faktor alergi. Artinya, asma umumnya memburuk karena kondisi alergi pasien, seperti debu atau udara dingin. Asma juga bisa diperparah oleh olahraga yang berlebihan.

Sedangkan untuk PPOK, kondisinya akan memburuk sehingga menimbulkan gejala akibat infeksi saluran pernapasan. Pneumonia dan flu dapat menjadi infeksi saluran napas yang memperburuk COPD seseorang. Penyakit ini juga dapat dipicu oleh paparan polutan lingkungan.

komorbiditas

Komorbiditas adalah penyakit dan kondisi yang Anda derita serta penyakit yang serius. Co-morbiditas untuk asma dan COPD sering serupa, termasuk:

hipertensi
gangguan mobilitas
insomnia
radang dlm selaput lendir
migrain
depresi
ulkus lambung
kanker

Satu studi menemukan bahwa 20% pasien PPOK menderita tiga atau lebih dari komorbiditas ini.

Baca Juga: