Pilates mengubah postur tubuh menjadi lebih baik

Pilates sering disalahartikan sebagai bagian dari yoga. Padahal, pilates dirancang untuk memperkuat dan merehabilitasi tubuh agar menjadi lebih kuat. Salah satu kelebihan pilates adalah memperbaiki postur tubuh.

Sekarang, agar tetap sehat, pertimbangkan revisi gerakan pilates untuk memperbaiki postur berikut.

Pilates mengubah postur tubuh menjadi lebih baik

Seperti yang dilaporkan oleh British Heart Foundation, pilates adalah bentuk latihan yang mengunggulkan kekuatan dan kelenturan tubuh Anda.

Melalui latihan ini, tulang belakang dan sendi menjadi lebih fleksibel. Selanjutnya, otot-otot bahu, punggung bawah dan perut juga menjadi lebih kuat.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti operasi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan gerakan pilates.

Gerakan Pilates untuk memperbaiki postur tubuh
1. Pilates menggulung

Sumber: Verywell Fit
Sebelum melakukan pilates, ada beberapa alat yang perlu Anda persiapkan, seperti kasur dan barbel untuk mendukung latihan Anda.

Diyakini bahwa gerakan menggulung Pilates berguna untuk memperbaiki postur tubuh. Biasanya, gerakan ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan gerakan lain.

Dalam teknik ini, Anda akan merasakan tulang belakang sejajar dengan matras. Langkah langkah:

Berbaring telentang di atas matras dengan tangan diletakkan di atas kepala.
Angkat lengan Anda sehingga pergelangan tangan Anda sejajar dengan bahu Anda.
Mulai bangun dari posisi Anda saat ini dengan menekuk tubuh Anda.
Gerakan ini akan berhasil jika Anda merasakan posisi Anda sebagai huruf “U” dengan lengan dimajukan ke depan.
2. Penyelaman trisep

Sumber:
Penyelaman Triceps tampaknya sulit, tetapi jika Anda tahu kuncinya, ini bisa membuat pilates Anda lebih mudah.

Kuncinya adalah menarik bahu untuk mengencangkan otot-otot punggung atas dan trisep.

Mulailah dengan duduk di atas tikar dengan kaki terulur ke depan dan punggung menghadap kursi atau kotak yang stabil.
Letakkan telapak tangan Anda di atas kotak dengan jari-jari Anda mengarah ke depan.
Cobalah meregangkan lengan Anda sehingga Anda dapat mengangkat dan menurunkan kaki Anda.
Kemudian tekuk siku untuk menurunkan punggung, tetapi jangan biarkan bagian bawah menyentuh tanah.
Pastikan Anda menjaga tumit Anda di tanah dan siku di belakang tubuh Anda.
3. Terbang halter

Sumber: Pinterest
Gerakan Pilates yang melibatkan barbel bertujuan untuk memperkuat punggung, sehingga postur Anda lebih baik.

Jika resistensi punggung Anda stabil, kebiasaan membungkuk Anda akan berkurang.

Pertama, coba pegang dumbel di masing-masing tangan dan tetap selebar bahu dengan lutut sedikit ditekuk.
Kemudian cobalah untuk menekuk sehingga punggung atas sedikit miring ke depan.
Setelah Anda berhasil, Anda dapat mulai mengangkat barbel di sisi tubuh Anda dan kembali ke posisi awal.
4. Deadlift dengan dumbbell

Sumber: Kesehatan Wanita
Gerakan pilates yang dapat memperkuat paha belakang juga membantu Anda mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah.

Untuk meningkatkan postur, langkah-langkah untuk melakukan gerakan pilates ini adalah sebagai berikut:

Mulailah berdiri tegak dengan kaki lebar di pinggul.
Cobalah memegang barbel di tangan dan telapak tangan di depan paha Anda.
Coba lakukan ini dengan sedikit menekuk lutut dan mendorong pinggul ke belakang untuk mengurangi beban pada kaki Anda.
Kemudian Anda dapat perlahan-lahan kembali ke posisi berdiri dan mencoba untuk tidak menekuk punggung atau membungkuk.
5. Superman

Sumber: Pinterest
Langkah-langkah untuk melakukan gerakan pilates ini meliputi:

Mulailah berbaring telungkup dengan wajah menghadap ke matras dan tangan di atas kepala.
Cobalah untuk mengangkat tubuh dari matras dan berhenti beberapa saat sebelum kembali ke posisi awal.
Beberapa gerakan pilates di atas dapat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh jika dilakukan secara rutin. Namun, jika Anda takut menyakiti diri sendiri saat melakukan teknik-teknik di atas, cari pelatih atau kelas Pilates dengan instruktur berpengalaman.

Baca juga: