Porter tentang Strategi Pemasaran

Porter tentang Strategi Pemasaran

Porter tentang Strategi Pemasaran

Porter (Kotler et al., 2003, p33)

mengatakan bahwa strategi pada intinya adalah penciptaan posisi yang unik dan bernilai, yang melibatkan sekumpulan kegiatan. Jika hanya terdapat satu poisi ideal maka tidak diperlukan suatu strategi.
Thomson dan Strickland (2001, p3) mengemukakan bahwa strategi perusahaan merupakan suatu rencana permainan yang dipakai oleh pihak manajemen untuk mencapai suatu posisi dalam pasar, menjalankan operasi perusahaan, menarik dan menyenangkan para pelanggan, sukses dalam persaingan, dan mencapai tujuan organisasi. Rangkaian tugas untuk merumuskan, mengimplementasikan dan menjalankan strategi perusahaan adalah inti dari pengelolaan bisnis perusahaan.
Menurut Kotler (2003, p90), rencana strategi pemasaran merupakan paparan pasar sasaran dan nilai preposisi yang akan ditawarkan, berdasarkan suatu analisa dari kesempatan-kesempatan pasar terbaik.

Kotler et al (2003, p4) berpendapat bahwa strategi pemasaran merupakan usaha memenangkan mind-share para pelanggan secara lebih baik, yang terdiri dari tiga unsur yakni segmentasi (segmentation), tujuan (targeting), dan posisi (positioning)


Baca Juga :