PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi perkembangan dirumuskan sebagai ilmu yang membahas tingkah laku manusia yang sedang dalam taraf perkembangan yang sangat pesat. Psikologi perkembangan memusatkan pembahasan terhadap perubahan-perubahan tingkah laku, dalam rangka pembentukan manusia yang lebih matang

 Berdasarkan pendapat beberapa ahli, psikologi perkembangan itu dapat diartikan sebagai

  1. “… That branch of psychology which studies processes of pra and post natal growth and the maturation of behavior” artinya psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologis yang mempelajari proses perkembangan individu, baik sebelum maupun setelah kelahiran berikut kematangan perilaku. (J.P.Chaplin, 1979)
  2. Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati. (Ross Vasta, dkk 1992)

Kedua pendapat diatas menunjukan bahwa psikologi perkembangan merupakan salah satu bidang psikologi yang memfokuskan kajian atau pembahasannya mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembangan dari masa konsepsi (pra-natal) sampai mati.