Regulasi Asuransi

Regulasi Asuransi

Regualasi pemerintah terhadap perusahaan asuransi relatif rendah. Beberapa alasan rendahnya regulasi pemerintah adalah karena perusahaan asuransi tunduk terhadap standar-standar yang di tetatapkan dalam investasi sehingga menjadi bisnisnya aman. Selain itu, perusahaan asuransi memiliki jasa proteksi. Alasan lain adalah perusahaan asuransi merupakan lembaga yang mampu menggalang dana masyarakat yang dapat meningkatkan investasi dan pertumbihan ekonomi.

Meskipun demikiana, pertumbuhan asuransi tidak sepesat pertumbuhan dana pensiun. Selain karna alasan yang di sebutkan dalam keseharian masyarakat indonesia belum banyak yang terbiasa dengan asuransi karena beberapa alasan antara lian:

  1. Masyarakat masih banyak yang beranggapan bahwa asuransi adalah kegiatan untung-untungan yang mirip dengan penjudian. Bahwa masa datang yang belum pasti bukan merupakan wewenang manusia untuk memperhitungkannya. Dengan anggapan demikian, banyak kalangan masyarakat yang langsung menolak kehadiran asuransi.
  2. Pihak asuransi kurang mengsosialisasikan pentingnya asuransi kepada masyarakat luas. Sasaran asuransi masih di tunjukan kepada masyarakat golongan menengah ke atas, dengan porsi golongan menengah yang masih sedikit karena pola pikir seperti yang dijelaskan pada butir pertama.
  3. Masih terjadi “iklan buruk” dari beberapa perusahaan asuransi, seperti klaim yang sulit, proses klaim yang lama, jumblah klaim yang tidak sesuai dengan harapan seperti yang dijanjikan oleh agen asuransi.

 

Sumber :

https://bobhenneman.info/