Apa itu Reklame? Apa saja Fungsi dan Manfaatnya

Papan iklan adalah alat atau alat untuk menyediakan, menyediakan, mempromosikan, dan memperkenalkan produk atau layanan kepada publik menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Pendapat lain mengatakan bahwa memahami papan reklame adalah cara intuitif untuk menggunakan gambar dan teks yang dirancang untuk menyampaikan pesan tertentu kepada publik. Membuat papan iklan adalah untuk memberikan informasi menarik tentang artikel, layanan, atau hal lain kepada publik.

Dalam istilah etimologis, kata “papan iklan” berasal dari bahasa Spanyol, yang berarti “ditingkatkan” yang berarti panggilan berulang. Dengan kata lain, pentingnya baliho adalah terus-menerus meminta orang lain untuk mengikuti konten baliho.

Faktanya, iklan dengan papan iklan berbeda. Persamaan berarti keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Perbedaannya adalah bahwa iklan biasanya dalam bentuk kalimat yang panjang, beberapa dalam bentuk artikel, tetapi papan iklan hanya dalam bentuk kalimat pendek dengan gambar yang mencolok.

Biasanya, iklan ditempatkan di koran cetak (koran dan majalah) dan media elektronik (televisi, radio, film, internet). Tetapi baliho sering dipasang dengan baliho, spanduk, poster, selebaran, baliho, baliho, brosur, dan ruang terbuka atau publik.

Jelaskan arti papan reklame menurut para ahli

Reklame

Menurut beberapa ahli definisi billboard adalah sebagai berikut:

1. Baratta (1988: 210)

Menurut Barata (1988: 210), papan iklan dimaksudkan untuk memberikan informasi atau ide tentang barang atau jasa dan untuk menarik perhatian orang terhadap ide, barang, atau layanan yang terkait dengan informasi. untuk menyediakan.

2. Panji (1990: 120)

Menurut Panzi (1990: 120), memahami papan iklan adalah tujuan memperkenalkan artikel atau layanan, atau hal-hal lain yang sering menarik perhatian publik.

Jenis dan contoh papan iklan

Baliho dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Jenis-jenis papan iklan adalah:

1. Berdasarkan niat pembelian

Papan iklan komersial adalah jenis iklan komersial yang tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan paling banyak. Misalnya poster, spanduk, baliho, dan lainnya.
Baliho non-komersial adalah yang dimaksudkan untuk penggunaan umum seperti banding, informasi layanan publik, dan lainnya. Misalnya, poster donor darah, poster pajak, perintah publik resmi dan sebagainya.

2. Berdasarkan sifatnya

  • Tanda peringatan, semacam tanda peringatan yang mengingatkan orang untuk melakukan sesuatu. Seperti pertanda rapi.
  • Papan informasi, menurut papan iklan, memberikan informasi kepada publik. Seperti billboard kesehatan.
    Spanduk undangan / permintaan, yang diiklankan atau didorong publik untuk berpartisipasi dalam undangan / permintaan. Misalnya, papan reklame donor darah, baliho penanggulangan
  • bencana.

Permintaan iklan

Papan reklame memiliki sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan ini adalah:

  1. Memukul, ini berarti papan iklan akan terlihat bagus untuk umum. Papan iklan ditandai dengan ukuran, posisi, warna, font atau gambar.
  2. Kata-kata atau kalimat yang digunakan harus jelas, akurat dan mudah dipahami dalam arti bahwa mereka harus dipahami.
  3. Sejujurnya, ini berarti billboard harus berisi pesan kejujuran dan kejujuran (tidak ada penipuan).
  4. Tujuannya untuk mengatur layar dan papan iklan secara teratur. Jika Anda hanya melakukan ini sekali (di koran, majalah, dan radio), orang tidak akan melihat atau mendengar apa pun dari fasilitas. Setelah instalasi selesai, Anda harus memilih yang dapat dicapai sejak lama, seperti memasang papan iklan dan spanduk di lokasi strategis.

Sumber : ruangguru.co