Rumah sakit adalah

Rumah sakit adalah

Rumah sakit adalah
Rumah sakit adalah

 Rumah Sakit

Rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan professional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat dan tenaga ahli kesehatan lainnya. (Wikipedia, 2011).

Sementara menurut Siregar (2003) menyatakan rumah sakit adalah suatu organisasi yang kompleks, menggunakan gabungan ilmiah khusus dan rumit, dan difungsikan untuk berbagai kesatuan personel terlatih dan terdidik dalam menghadapi dan menangani masalah medik modern, yang semuanya terikat bersama-sama dalam maksud yang sama, untuk pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang baik. (Ujang Ketul, 2009).

 Berikut merupakan tugas dan fungsi Rumah Sakit menurut Wikipedia   (2011):

  1. Melaksanakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis.
  2. Melaksanakan pelayanan medis tambahan, pelayanan penunjang medis tambahan.
  3. Melaksanakan pelayanan kedokteran kehakiman.
  4. Melaksanakan pelayanan medis khusus.
  5. Melaksanakan pelayanan rujukan kesehatan.
  6. Melaksanakan pelayanan kedokteran gigi.
  7. Melaksanakan pelayanan kedokteran sosial.
  8. Melaksanakan pelayanan penyuluhan kesehatan.
  9. Melaksanakan pelayanan rawat jalan/ rawat darurat dan rawat tinggal.
  10. Melaksanakan pelayanan rawat inap.
  11. Melaksanakan pelayanan administrative.
  12. Melaksanakan pendidikan para medis.
  13. Melaksanakan pendidikan tenaga medis spesialis.
  14. Membantu penelitian dan pengembangan kesehatan.
  15. Membantu kegiatan penyelidikan epidemiologi.

Diseluruh dunia, ditemui keluhan adanya peningkatan biaya Rumah Sakit yang tinggi, meningkat melampaui biaya-biaya lainnya. Di Philipina dilaporkan bahwa banyak Rumah Sakit yang mengalami kesulitan biaya dan akan dijual. Masyarakat tidak mampu lagi membayar. Hanya 20-30% rakyat yang mampu membayar Rumah Sakit, sementara Rumah Sakit mendapat kesulitan untuk membayar gaji karyawan-karyawannya. (Sulastomo, 2007).

Meskipun demikian, kenaikan biaya tidak sama diberbagai Negara. Tergantung berbagai factor, antara lain tersedianya tempat tidur, system pelayanan kesehatan, organisasi Rumah Sakit, manajemen atau system keuangan dan bahkan teknologi yang diterapkan. (Sulastomo, 2007).

Ada 2 faktor penting yang mempengaruhi sektor Rumah sakit yaitu kekuatan ekonomi pemerintah daerah dan kekuatan ekonomi masyarakat. Semakin tinggi kemampuan pemerintah daerah, maka kemungkinan sumber pembiayaan untuk kesehatan dari daerah akan semakin besar. Semakin tinggi kekuatan ekonomi masyarakat maka dapat dilihat bahwa daya beli masyarakat terhadap pelayanan kesehatan akan semakin besar.

Sumber : https://busbagus.co.id/