Sarana Pengobatan Masyarakat

Sarana Pengobatan Masyarakat

 Sarana Pengobatan Masyarakat
Sarana Pengobatan Masyarakat

 Sebagian besar masyarakat hampir tidak pernah lepas dari pelayanan sekaligus mengharapkan adanya pelayanan yang memuaskan. Untuk memenuhi kebutuhannya manusia berusaha tidak langsung melalui aktifitas orang lain. Seperti yang dikatakan oleh AS. Moenir (1998) proses pemenuhan kebutuhan melalui aktifitas orang lain langsung disebut pelayanan. (Anonim, 2011).

Sedangkan J.S Poerwadarminta melihat pelayanan sebagai melakukan perbuatan, melayani apa yang diperlukan dan diharapkan oleh orang lain dengan bantuan pihak lain yang menyediakan sesuatu diperlukan oleh orang lain tersebut. (Anonim, 2011).

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu aspek yang berperan dalam penciptaan derajat kesehatan yanbg merata kepada seluruh masyarakat. Sesuai dengan tujuasn penyelenggaraan pembangunan kesehatan yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri untuk menggapai pelayanan kesehatan dan perilaku hidup sehat. (Syaer, 2010).

Sumber  pengobatan di Indonesia menurut Kalangie (1984), mencakup 3  sektor  yang  saling  berkaitan  yaitu  pengobatan  rumah ,  tangga  atau

pengobatan dirumah, pengobatan tradisional dan juga pengobatan medis professional (praktek  tenaga kesehatan, poli klinik, puskesmas dan rumah sakit). (Supardi dkk, 2011).

Sumber : https://vhost.id/