Sejarah dan Macam-macam Prosesor Intel Atom

Intel Atom adalah jenis prosesor Intel yang termasuk dalam kelas prosesor IA-32 dan x86-64 yang memiliki kebutuhan daya sangat rendah.

Awalnya, CPU ini dirancang dengan teknologi CMOS 45 nanometer, dengan nama sandi Cedar. Ini kemudian akan diproses dengan teknologi 32 nanometer berdasarkan arsitektur Bonnel.

Berbagai Prosesor Intel Antom

Faktanya, Intel Atom adalah penerus dari kode mikroprosesor Intel A100 berkode kecil bernama Stealey. Stealey diproduksi dengan teknologi pemrosesan 90 nanometer, memiliki cache L2 512 KB dan kecepatan 600 Mhz dan 800 Mhz dengan daya desain termal 3 watt (TDP).

Intel pernah mengungkapkan bahwa ia merancang prosesor kode ponsel Diamondville untuk tipe laptop murah. Nama atom itu sendiri dibawa oleh prosesor yang memiliki nama kode Silverthorne. Sedangkan chipset yang awalnya menggunakan nama kode Menlow diubah menjadi Centrino Atom.

Intel secara resmi mengumumkan bahwa Silverthorne dan Diamondville dapat disebut seri Intel Atom N2xx di Intel Developer Forum 2008 di Shanghai. Silverthorne yang paling mahal akan digunakan pada perangkat Intel Mobile Internet Devices (MID), sedangkan Diamondville akan digunakan di perpustakaan dan desktop berbiaya rendah.

Beberapa contoh motherboard Mini-ITX yang mendukung Intel Atom N2xx juga terpapar pada acara tersebut. Intel dan Lenovo juga telah mengumumkan MID yang menggunakan prosesor Silverthorne, Lenovo Ideapad U8.

Silverthorne adalah prosesor Atom Z5xx tunggal dengan inti 45-nanometer tunggal dan tidak memiliki GPU pada mesin. Silverthorne pertama kali dirilis pada April 2008. Prosesor ini digunakan pada komputer MID, UMPC, dan Lifestyle.

prosesor Intel Atom

Pada April 2008, alat pengembangan MID diumumkan oleh Shopie Systems, di mana plat pertama yang disebut CoreExpress-ECO dibuka oleh LiPPPERT Embedded Computers, GmbH, sebuah perusahaan Jerman.

Prosesor yang biasa digunakan pada Classmate, Netbooks, Nettop, dan Lifestyle PC disebut Intelville, Diamondville, Pineview, dan Cedar View. Diamondville dikenal sebagai seri Atom N2xx, 2x Atom dan 3xx Atom. Di Atom N2xx dan Atom 2xx yang dirilis pada Juni 2008, inti yang digunakan hanya 45 nanometer, sedangkan Atom 3xx dirilis pada September 2008, inti yang digunakan adalah ganda 45 nano meter.

Kemudian, pada 21 Desember 2009, Intel meluncurkan Pine Trail Platform, sistem berdaya rendah. Sistem ini mencakup prosesor Intel Atom baru dengan kode batang Pineview atau kode komersial Atom N450.

Contoh Intel Atom Prossor

Ada penurunan 20% dalam konsumsi daya dan kemudian diperbarui lagi pada 28 Desember 2011 dengan versi Atom terbaru dengan kode Cedar. Pineview memiliki seri Atom N4xx, Atom D4xx, Atom N5xx dan Atom D5xx.

Tidak seperti Diamondville, yang tidak menggunakan sistem GPU On-Die, seluruh seri Pineview didukung oleh GPU On-Die. Intel telah meluncurkan prosesor barcode Lincroft lainnya, dengan seri Atom Z6xx memiliki inti 45-nanometer tunggal dan sudah memiliki unit pemrosesan data pada 450 Mhz. Prosesor ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2010.

Sumber : Https://www.videomax.co/