Sekjen Kemdiknas: Jumlah dan Kualitas Guru Termasuk Kesejahteraannya Terus Meningkat

Sekjen Kemdiknas: Jumlah dan Kualitas Guru Termasuk Kesejahteraannya Terus Meningkat

Sekjen Kemdiknas Jumlah dan Kualitas Guru Termasuk Kesejahteraannya Terus Meningkat
Sekjen Kemdiknas Jumlah dan Kualitas Guru Termasuk Kesejahteraannya Terus Meningkat

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi,

pemerintah terus berusaha memenuhi jumlah dan kualitas guru di Indonesia. “Termasuk juga peningkatan kesejahteraannya,” ujarnya dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Membangun Sumber Daya Manusia Menyongsong Era Industri 4.0: Bidang Ketenagakerjaan, Pendidikan, dan Kesehatan”, yang diselenggarakan di Ruang Serba Guna Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya , berdasarkan data Kemendikbud, total jumlah guru di Indonesia adalah 3,17 juta orang. “Yang mengajar di sekolah negeri berjumlah 2,114 juta dan yang mengajar di sekolah swasta berjumlah sekitar 902 ribu guru. Pemerintah terus berupaya menambah rekrutmen guru-guru baru untuk mengurangi kekurangan guru di Indonesia,” tambahnya.

Ia juga menerangkan alternatif untuk merekrut guru baru adalah melalui jalur PNS

(pegawai negeri sipil) dengan kriteria usia maksimal 35 tahun, pendidikan minimal S-1/D-IV, dan memiliki sertifikasi profesi. Untuk jalur PPPK (pegawai pemerintah berdasarkan perjanjian kerja) kriterianya usia minimal 20 tahun, serta maksimal 59 tahun, pendidikan minimal S-1/D-4 dan diprioritaskan yang memiliki sertifikasi profesi.”PPPK memiliki status, hak, dan perlindungan yang jelas setara dengan PNS),” tukasnya.

Ia menambahkan bahwa perhitungan standar jumlah guru mengajar maksimal 24 jam/minggu tanpa multi grade (beberapa tingkatan kelas) dan tanpa multi subject teaching (beberapa pelajaran) adalah berjumlah 998.133 guru. Sementara perhitungan efisiensi dimana guru mengajar maksimal 31 jam/minggu dengan multi grade dan multi subject teaching adalah berjumlah 707.324 guru.

Selanjutnya ia merinci jumlah guru tersertifikasi di sekolah negeri berjumlah 1,95 juta

yang pegawai negeri. Sedangkan non pegawai negeri ada 16.471 guru yang bersertifikat. Bagaimana di sekolah swasta? Didik Suhardi mengatakan bahwa ada gur yang berstatus pegawai negeri mengajar di swasta yag memiliki sertifikat berjumlah 79.249 guru. Lalu yang non pegawai negeri sudag bersertifikat berjumlah 201.307 guru.

Sedangkan untuk menaikkan kesejahteraan guru, pemerintah dari tahun ke tahun menaikkan Tunjangan Guru PNS melalui Dana Transfer Daerah.T utuk  Lalu untuk Tunjangan Profesi Guru Non PNS melalui Dana Pusat.

 

Sumber :

https://thesrirachacookbook.com/teks-laporan-hasil-observasi/